Diambil dari Shabaz Akram Via Pexel

Idul Adha saat PPKM Darurat di Malang – Hello, Anak Kost! Mau berita terupdate di Malang saat Lebaran Qurban nanti? Wah, kebetulan banget Mimin mau kasih tahu berita yang kamu cari.

Perayaan hari raya Idul Adha sudah tinggal menghitung hari, akan tetapi masa PPKM Darurat masih belum selesai. Gak heran kalau banyak masyarakat yang masih mencari tahu bagaimana tanggapan pemerintah setempat terhadap situasi ini. Banyak yang mencari jawaban apakah masjid boleh dibuka, apakah diperbolehkan takbiran dan lain sebagainya.

Untuk Malang, pemeritah setempat sudah mengeluarkan informasi terbaru saat Idul Adha saat PPKM darurat ini. Yuk simak berita terbaru ini.

Bagaimana Idul Adha Saat PPKM Darurat di Malang?

Dibawah ini adalah beberapa peraturan baru yang disampaikan oleh Kemenag Malang. Simak sampai akhir ya.

Peniadaan Takbir Keliling

Yap, dikarenakan Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang punya kasusu positif Covid-19 tertinggi, kegiatan perkumpulan ditiadakan. Salah satunya adakah takbir keliling.

Dilansir dari rri.co.id, peraturan ini disampaikan langsung oleh Kasi Bimas Islam Kantor Kementrian Agama Kota Malang yaitu Moh Rosyad.

“Tahun ini bersamaan dengan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Corona Virus Disease 2021di Wilayah Jawa dan Bali maka hal itu ditiadakan,” Ungkap beliau pada Jumat (16/7/2021).

Peratutan ini dikeluarkan juga berkain denhan larangan Pemeritah dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease. Dalam  Surat Edaran Menteri Agama  Nomor 17 Tahun 2021 dijelaskan bahwa akan diberlakukannya Peniadaam Takbir Keliling, baik arak-arakan dengan berjalan kaki maupun dengan kendaraan.

Tidak Ada Karumunan Saat Pemotogan Hewan Qurban

Seperti yang kita tahu bahwa pemotongan qurban dilakikan pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah. Pemerinya setempat juga menghimbau untuk tidal ada kerumunan saat proses pemotongan hewan.

“Mengingat keterbatasan jumlah dan kapasitas RPH maka pemotongan hewan qurban dapat dilakukan di luar RPH namun dengan penerapan Prokes Covid-19 yang ketat, serta melarang kehadiran pihak-pihak selain petugas pemotongan hewan qurban,” tutur Rosyad.

Yap, akibat banyaknya hewan yang akan disembeli, maka gak semua proses penyembelihan dilakukan di RPH (Rumah penyembelihan Hewan).

Proses pemotongan hewan qurban bisa dilakukan di luar RPH, seperti di sekita lingkungan masjid dan lainnya. Akan tetapi proses ini harus sesuai dengan Protokol Kesehatan yang sudah ditetapkan. Dengan syarat, proses ini hanya dihadiri oleh pihak panitia saja.

Baca Juga : Sejarah Tradidi Halal Bihalal di Indonesia

Penutup

Meskipun suasana lebaran qurban kali ini akan berbeda seperti biasanya, tetap semangat ya. Jangan lupa untuk bagikan informasi terbaru tentang Idul Adha saat PPKM Darurat Malang ini ke teman kalian ya. Meskipun hasilnya tahun ini agak menyedihkan, semoga ikhtiar kita dalam memutus penyebaran virus Covid-19 ini bisa menurun pasca PPKM.

Ngomongin tentang PPKM Darurat, pastinya ada banyak kegiatan yang harus di kamar kost, tetapi apakah hunai yang kamu sewa saat ini udah nyaman? Kenyamanan tempat tinggal itu penting banget loh untuk mendukung kegiatanmu sehari-hari.

Buat kamu yang cari kost baru, coba deh cek website D’paragon. Kamu bisa pilih-pilih hunian dengan fasilitas yanh sesuai dengan kubutuhan kamu. Untuk dapetin harga spesial, kamu bisa reservasi melalui aplikasi D’paragon. Follow juga instagramnya ada giveaway yang bisa kamu menangkan.

Yuk ngekost di D’paragon!

Leave a Reply