Bus Wisata Solo
Diambil dari @asal.jepret.pict via Instagram

Bus Wisata Kota Solo yang Wajib Kamu Coba: Werkudara – Anak kost udah cobain wisata apa aja nih di Kota Solo? Udah nyobain keliling kota sambil naik Bus Tingkat Werkudara atau belum? Kalau belum, jangan lupa cobain bis wisata terkenal di Kota Bengawan yang satu ini deh.

Solo gak cuma terkenal dengan sepur klutuk dan kereta uapnya aja, tapi juga ada transportasi wisata yang hits banget namanya Bus Tingkat Werkudara. Baik wisatwan lokal ataupun mancanegara yang liburan ke Solo wajib banget coba naik bus wisata yang satu ini.

Berikut adalah informasi seputar bus wisata Solo atau Werkudara

Daripada kamu penasaran dan penuh tanda tanya, mending simak artikel D’paragon dibawah ini sampai akhir ya.

Bus Tingkat Werkudara

Berbeda dengan transportasi umum, Bus Tingkat Werkudara adalah sebuah transportasi yang disediakan oleh pemerintah kota hanya untuk wisatawan yang mau berkeliling Kota Solo.

Pemerintah Kota Solo sengaja memesan bus-bus wisata ini ke Kerosari dan dibuat secara khusus sebagai ikon Kota Bengawan. Bus Tingkat Werkudara ini punya kharakteristik yaitu memiliki body yang besar, berwarna merah, terdapat gambar tokoh wayang Werkudara dan gambar tempat wisata Solo seperti Pura Mangkunegaran, Keraton Kasunanan dan Pasar Gede.

Nama Werkudara diambil dari salah satu tokoh wayang yang besar dan kuat. Seperti sifat wayang tersebut, bus ini memang memiliki bentuk yang sangat besar dan terlihat gagah. Bus Werkudara mempunya tinggi sekitar 4,5 M, lebar dengan 2,5 M, dan berat sebesar 12 Ton.

Bus tingkat ini bisa membawa sebanyak 43 penumpang. Ini sih lumayan banget untuk ukuran kendaraan wisata. Bagian bawah terdiri dari 18 kursi dan bagian atas yaitu 25 kursi.

Waktu Beroperasi

Bus Tingkat Werkudara gak beroperasi setiap hari loh. Bsu yang jadi ikon Solo ini hanya mengantar wisatawan berkeliling kota setiap akhir pekan dan hari libur nasional. Ini adalah salah satu alasan kenapa Bus Werkudaran jado spesial.

Waktu beroperasinya mulai dari pukol 09.00 – 15.00 WIB. Jadi kamu bisa menetukan mau wisata keliling pagi, siang, atau sore. Kalo D’paragon sih mau kasih saran pagi, biaf kamu bisa merasakan sejuknya Solo di pagi hari yang suasananya nyaman banget. Tetapi kalao mau sore ata siang gak apap-apa juga kok.

Pembelian Tiket Wisata

Buat kamu yang tertarik dan mau ikut tour dengan bis wisata ini caranya gampang banget. Kamu tinggal mengunjungi tiketnya di Kantor Dinas Perhubungan Kota Solo, tepatnya di belakang Stadion Manahan atau di Jalan Mentri Supono No. 7. Untuk yang mau reservasi melalui via telephone, kamu bisa menghubungi ke nomor  085229790460.

Harga Tiket

Harga tiket perjalanan wisata dengan Bus Tingkat Werkudara ini murah banget loh! Biayanya Cuma Rp20.000 per orang. Dengan harga ini kamu udah dapet merasakan perjalanan bolak balik naik bus tingkat.

Murah banget kan? Cuma dengan harga segitu, kamu udah nisa jalan-jalan puas keliling Kota Solo. Ini sih mantab deh.

Rute Perjalanan

Berangkat:

Kantor Dishub Kominfo – Perempatan Manahan (Jl. Slamet Riyadi) – Gladag – Balai Kota – Pasar Gede- Bank Indonesia ( disini bus akan berhenti sejenak dan memberi kesepatan wisatwan untuk berfoto-foto) – Cembengan ( Jl. Ir. Sutami) – Taman Satwa Tanu Jurug (Sesampainya di sini penumpang saling bertukar tempat. Penumpang yang sebelumnya diatas bertukar tempat ke  bangku dibawah)

Pulang

Kebun Binatang Jurug (Jl. Ir. Sutami) – Jl. Kolonel Sutarto – Jl. Urip Sumoharjo, Jl. Jendral Sudirman – Gladag – PGS – Srangkah – Jl. Kapten Mulyadi – Baturono – Jl. Veteran – Tipes – Jl. Bhayangkara – Baro – Jl. Dr. Radjiman  – Jl. Perintis Kemerdekaan – Parwosari – Jl. Slamet Riyadi – Kerten – Jl. Ahmad Yani – Kantr Dinas Perhubungan.

Bus Werkudara Saat Pandemi

Selama Pandemi Covid-19 ini berlangsung, penumpang yang naik bus Werkudara mengalami penurunan. Ini disebabkan karena anjuran pemerintah yang mewajibkan masyarakat tidak keluar rumah dan menurunnya jumlah wisatawan diK Kota Solo.

Saat ini Bus Werkudara masih beroperasi pada hari libur dengan protokol kesehatan yang tepat. Jadi, untuk pengunjung yang mau ikut wisata keliling di masa seperti ini bisa tetap aman. Hanya saja saat itu Bus Werkudara belum membolehkan anak dibawah 15 tahun naik. Aturan ini diterapkan karena anak dalam usia tersebut rentan terpapar virus covid-19.

Baca Juga: Sate Kambing Solo Bikin Anak Kost Gagal Diet

Penutup

Tertarik kan untuk naik bust wisata Solo yang satu ini. Ajak teman, keluarga atau pasanganmu naik bus tingkat ini keliling kota. Dijamin deh, perjalanan akan lebih menyenangkan.

Nah, buat kamu yang mau liburan ke Solo, jangan lupa pilih penginapannya di D’paragon. Cara reservasinya gampang banget, kamu tinggal pilih hunian dengan fasilitas yang kamu butuhkan lewat website atau aplikasi D’paragon. Mau tau informasi seputar promo juga? Follow aja instagram D’paragon ya.