Saat Anda berkunjung ke Kalimantan Selatan coba sempatkan diri untuk berkunjung ke taman wisata Pulau Kembang. Pulau Kembang ini merupakan sebuah daratan kecil yang terletak di tengah sungai Barito, tempat ini hanya memiliki luas sekitar 60 hektar.

Saat ini tempat wisata ini menjadi tempat tinggal asli para monyet dan beberapa jenis burung, para pengunjung biasanya bisa berinteraksi dengan mereka. Selain itu disekitar Pulau Kembang ini juga ditumbuhi banyak pepohonan yang akan memanjakan mata pengunjung.

Ternyata pulau kembang ini selain dijadikan tempat wisata seringkali juga dijadikan sebagai tempat religi oleh beberapa etnis agama. Pengunjung bisa memasuki taman wisata ini dengan tiket masuk mulai Rp 5 ribu hingga Rp 7 ribu saja khusus wisatawan lokal.

Taman Wisata Pulau Kembang Banjarmasin Yang Eksotik
wisato.id

Sejarah Taman Wisata Pulau Kembang

Pada tahun 1976 Pulau Kembang ini ditetapkan sebagai hutan wisata, yang didalamnya menjadi habitat bagi kera ekor panjang. Saat Anda memasuki kawasan hutan ini pasti Anda akan menemukan sebuah altar yang digunakan sebagai tempat menaruh sesaji bagi “penjaga” pulau ini.

Pulau Kembang ini sendiri dilambangkan dengan dua ekor kera putih oleh masyarakat etnis Tionghoa yang berada di daerah ini. Biasanya mereka akan membuat permohonan dan jika terkabul akan melepaskan kambing bertanduk emas apabila permintaan mereka dikabulkan.

Dihuni Oleh Puluhan Kera

Menurut cerita masyarakat setempat dulunya pulau Kembang ini berasal dari sebuah kapal Inggris yang dihancurkan atas perintah Sultan Banjar. Nah puing-puing dari kapal ini kini ditumbuhi oleh pepohonan dan akhirnya berubah menjadi sebuah pulau yang dihuni kera.

Kelompok kera yang menghuni pulau ini didampingi oleh seekor kera putih besar, kera-kera di kawasan ini jumlahnya hingga mencapai ribuan. Namun tenang saja karena kera di pulau ini sangat ramah dengan pengunjung dan bisa diajak berinteraksi.

Bahkan tidak jarang mereka menunggu pengunjung di dermaga menuju taman wisata Pulau Kembang, mereka menunggu pengunjung memberi makanan. Saat ini pulau Kembang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Kalimantan Selatan. Untuk liburan menyenangkan, bisa reservasi hotel di Dparagon atau unduh aplikasinya melalui Playstore dan Appstore.