Siapa yang tak mengenal Candi Borobudur, candi Buddha terbesar di dunia yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kemegahan dan keindahannya selalu menjadi keistimewaan tersendiri yang mampu meraih banyak pengunjung dari dalam maupun luar negeri.

Candi Borobudur
unsplash.com

Daya Tarik Candi Borobudur

Bangunan Candi ini memiliki sekitar 72 stupa, 504 arca Budha dan 2672 panel relief. Bentuknya bertingkat dan memiliki jalan di keempat arah mata angin. Terdapat zona tingkatan candi yang memiliki nilai filosofi terkait kehidupan spiritual manusia. Terdapat zona Kamadhatu, Rupadhatu, dan zona tertinggi yaitu Arupadhatu.

Selama berada di candi ini, pengunjung akan mendapati pemandangan candi yang besar dan megah serta hijaunya pepohonan yang ditanam di sekitar jalan menuju candi. Jika Anda naik ke candi hingga tempat tertinggi, maka Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan nun jauh dan pemandangan hijaunya area di sekitar candi.

Selain mengelilingi kawasan candi dengan berjalan kaki Anda juga dapat menggunakan odong-odong yang memang pihak pengelola sediakan. Dengan odong-odong ini Anda dapat menikmati area Taman Lumbini dan juga melewati kandang gajah yang terdapat di kawasan candi.

Selain menikmati keindahan candi, Anda juga dapat mengunjungi Museum GUSBI atau Museum Galeri Unik & Seni Borobudur Indonesia yang memiliki banyak barang-barang yang unik. Tak jauh dari museum ini terdapat juga Museum Borobudur Karmawibhangga yang banyak menyimpan sejarah Borobudur.

Setelah lelah berkeliling, Anda dapat membeli berbagai souvenir yang dijual sebelum pintu keluar Candi Borobudur. Terdapat banyak barang seperti tas, baju, gantungan kunci, asbak, dan lain sebagainya. Jika Anda tertarik liburan dan akan menjadi tempat menginap maka Anda dapat reservasi melalui web dparagon dan mengunduh aplikasi di Play Store maupun APP Store.