Tips Membersihkan Bak Kamar Mandi
Diambil Dari Rene Asmussen Via Pexels

Cara Membersihkan Bak Mandi ala Anak Kost, Dijamin Bersih! – Bak kamar mandi kamu kotor? Bingung cara membersihkannya? Kamu gak perlu bingung karena D’paragon mau kasih tau kamu cara membersihkannya dengan baik dan benar.

Membersihkn kamar mandi adalah tugas yang paling penting. Alasannya? Bak mandi yang kotor bisa menjadi sebuah sarang sumber penyakit seperti jentik-jentik dan nyamuk Aedes Aegepty yang bisa meneyebabkan penyakit Demam Berdarah. Duh, pasti gak mau kan ini terjadi sama kamu? Nah, yuk rajin membersihkan bak mandi dari sekarang.

Bagaimana Cara Membersihkan Bak Mandi untuk Anak Kost?

Dibawah ini adalah cara membersihkan bak kamar mandi. Simak sampai akhir ya!

Kuras Air dari Bak Mandi

Langkah membersihkan yang paling pertama adalah menguras air. Buang air yang ada di dalam bak sampai benar-benar tidak tersisa. Cara ini dilakukan untuk mempermudah kamu membersihkan bak dan kotoran di dalam bak mandi bisa ikut terbuang.

Singkirkan Barang-Barang sekitar Bak Mandi

Kalau kamu suka menaruh barang di bagian bibir bak kamar mandi, maka singkirkan barang-barang itu terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu bisa membersihkan bak kamar mandi dengan bebas.

Oh ya sebelum disingkirkan ke tempat lain, ada baiknya untuk membersihkan barang barang tersebut. Caranya sikat dan bilas dengan air agar kotoran yang menempel bisa hilang.

Gunakan Sarung Tangan Karet Untuk Melindungi Tangan

Cairan pembersih yang digunakan untuk membersihkan bak kamar mandi mengandung zat kimia yang gak baik untuk kulit. Nah, penggunaan sarung tangan karet berguna banget buat mencegah terjadinya iritasi kulit akibat terkena cairan pembersih.

Siram Dinding Bak dengan Air Panas

Langakah selanjutnya adalah menyiram seluruh bagian bak kamar mandi dengan air panas. Tujuannya adalah agar kotoran yang menempel bisa mudah mengelupas. Dengan kotoran yang mudah mengelupas, kamu jadi gak pelu mengeluarkan tenaga eksta untuk membersihkanya.

Tuangkan Sedikit demi Sedikit Cairan Pembersih

Kamu bisa pilih cairan pembersih apapun yang bisa dibeli di minimarket terdekat. Menggunakan cairan pembersih bisa memudahkan kamu menghilangkan noda membandel saat menyikat bagian dinding bak.

Apabila gak suka dengan cairan pembersih yang mengandung bahan kimia, kamu bisa kok menggunakan bahan-bahan alami seperti soda kue, cuka, garam dapur, minyak lemon. Cara menggunakanan juga mudah. Tinggal tuangkan sedikit demi sedikit bahan pembersih alami itu ke seluruh bagian bak.

Sikat Dinding Bak Kamar Mandi

Kalau cairan pembersih sudah dituangkan sedikit ke bagian bak, sekarang saat kamu ambil sikat dan mulai proses penyikatan ke seluruh bagian dinding bak mandi. Pastikan kotoran seperti lumut yang menempel dan kerak yang membandel hilang ya.

Meskipun menyikat adalah tugas yang paling berat, tapi jangan sampai kendor ya semangatanya. Ini demi bak kamar mandi yang bersih dan gak jadi sarang sumber penyakit.

Bersihkan Bagian Saluran Pembuagan Bak Air

Nah, ini penting banget. Jangan lupa untuk membersikan lubang pembuangan air bak mandi juga ya. Bagian ini juga gak luput dari berbagai macam kotoran, salah satunya adalah lumut.

Untuk mempermudah membersihkannya, kamu bisa menggunakan sikat gigi yang sudah gak terpakai. Cara ini dilakukan agar bersihnya bisa lebih maksimal sampai ke sela-sela.

Bilas Bak Mandi

Langkah terakhir adalah membilasnya. Pastikan semua bagian terbilas dan gak ada kotoran yang masin menempel.

Kalau setelah membilasnya masih terlihat ada bagian yang masih kotor, kamu bisa mengulanginya. Tuangkan sedikit cairan pembersih pada kotoran yang membandel. Lalu sikat sampai bersih. Setelah itu bilas kembali.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Kamar Mandi Kost Sampai Kinclong

Penutup

Cara membersihkan bak mandi untuk para anak kost udah kamu ketahui. Sekarang waktunya persiapkan alat yang dibutuhkan dan langsung bergerak membersihkannya. Lakukan paling tidak satu kali dalam seminggu. Cara ini dilakukan biar bak mandi kamu selalu bersih dan gak jadi sarang sumber penyakit. Kamu gak mau kan bak mandi di kamar kostmu kotor dan jadi rumah jentik-jentik?

Oh ya, buat kamu yang sekarang tinggal di tempat kost dengan kamar mandi yang kurang nyaman, sepertinya kamu butuh tempat tinggal yang baru. Coba deh cek website D’paragon dan instagramnya. kamu bisa pilih kamar kost yang sesuai dengan fasilitas yang dibutuhkan.

Leave a Reply