Tujuan pendidikan karakter adalah mendapatkan generasi yang memiliki kemampuan untuk terus menerus menuju ke arah lebih baik. Pendidikan ini merupakan salah satu wacana terbesar dalam kebijakan nasional. Semua kegiatan belajar mengajar harus menjurus kepada pelaksanaan dari wacana ini.

Pendidikan merupakan sistem yang berjalan untuk mengembakan potensi para peserta didik. Sistem tersebut meliputi pembelajaran dan pembiasaan sekelompok orang untuk diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Pendidikan bisa dilakukan secara mandiri atau otodidak namun juga bisa dilakukan di bawah bimbingan orang lain.

Pengertian Serta Tujuan Pendidikan Karakter Bagi Generasi Selanjutnya
commons.wikimedia.org

Pengertian dan Tujuan Pendidikan Karakter

Seharusnya kita perlu menuntut diri untuk menerapkan kemampuan serta menumbuh kembangkan prinsip dalam pendidikan karakter. Berikut ini pengertian dan tujuan dari pendidikan karakter.

Pengertian

Pendidikan karakter merupakan upaya sadar dan terencana untuk memberdayakan potensi peserta didik dalam membangun karakter pribadi. Selain itu pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendidik generasi selanjutnya. Upaya tersebut agar budaya serta karakter yang baik tak lekang oleh zaman.

Karakter merupakan sifat batin yang berpengaruh terhadap pikiran, perilaku, dan tabiat manusia. Karakter cenderung mengarah kepada nilai-nilai dasar manusia seperti ciri khas, watak, dan kepribadian. Kecenderungan akhlak yang baik meliputi cara pandang, pola pikir, dan sikap yang baik dalam kehidupan sosial.

Tujuan Pendidikan Karakter

Pendidikan ini memiliki tujuan dalam membangun bangsa yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral, toleransi dan bergotong royong. Selain itu tujuannya juga untuk membentuk bangsa yang memilii jiwa suka menolong sesama, bekembang secara dinamis serta berorientai pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu perlu adanya peningkatan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Melihat pentingnya tujuan pendidikan karakter, seseorang semestinya memiliki karakter kuat untuk diwariskan kepada generasi akan datang. Kunjungi website D’paragon untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar kost eksklusif dan guest house. Anda juga bisa mengunduh aplikasinya di Playstore atau Appstore.