Kue Lumpur Surga Banjarmasin merupakan salah satu kuliner dengan citarasa manis nan legit yang wajib Anda coba. Desert Nusantara satu ini terbuat dari campuran bahan-bahan sederhana. Seperti tepung beras gula dan santan. Maka tidak heran jika perpaduan bahan-bahan ini mampu menghasilkan cita rasa yang manis nan gurih.

Kue Lumpur Surga Banjarmasin
youtube.com

Citarasa Kue Lumpur Surga Banjarmasin

Mendengar nama Lumpur Surga, tentu membuat penasaran para pecinta kuliner, terutama yang berasal dari luar kota Banjarmasin. Tidak sedikit yang ingin mencoba dan mencicipi sensasi rasanya.

Memiliki tekstur yang lembut dan legit menjadikannya salah satu pilihan hidangan yang cukup digemari di berbagai kalangan. Sesuai dengan nama yang dimiliki, makanan khas Banjarmasin ini cukup lunak seperti lumpur. Kue basah ini terdiri dari dua lapisan hijau dan putih.

Asal Mula Kue Lumpur Surga

Mengenai asal mula makanan khas Banjarmasin ini, banyak ahli sejarah yang menyebutkan bahwa kue Lumpur Surga diperkenalkan oleh orang Portugis ketika menjajah Indonesia. Kue Lumpur terinspirasi dari “Pasteis de Nata” yang merupakan kue khas Portugis.

Kue asal Portugis ini pada umumnya terbuat dari custard yang merupakan campuran dari kuning telur dan campuran susu. Ketika dibawa ke Indonesia, adonan kue tersebut disesuaikan dengan jenis bahan yang mudah ditemukan. Ada yang terbuat dari tepung terigu atau tepung kentang.

Kue Lumpur Surga terbuat memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Memiliki tekstur yang lembut dan legit yang terdiri dari dua lapisan berwarna hijau dan putih. Lapisan hijau terbuat dari tepung terigu, santan, air, gula, telur, daun pandan, daun suji, serta garam. Sedangkan untuk lapisan putih terbuat dari tepung beras, santan dan garam.

Saat berkunjung ke kota Kalimantan Timur, jangan lupa untuk mencicipi Kue Lumpur Surga Banjarmasin. Jangan lupa untuk melakukan reservasi penginapan yang aman dan nyaman hanya dparagon.com atau unduh aplikasinya di Playstore atau Appstore.