Palembang dapat dikatakan sebagai surganya kuliner, selain pempek terdapat beragam jenis makanan khas yang wajib dicicipi. Salah satunya adalah Celimpungan. Sekilas, Celimpungan seperti nama Sunda, namun siapa sangka jika ini merupakan makanan asal Palembang. Lalu bagaimana asal mula Celimpungan khas Palembang ini?

Celimpungan Khas Palembang
youtube.com

Mengenal Celimpungan Khas Palembang

Celimpungan merupakan makanan khas Palembang yang rasanya tidak kalang dari empek-empek. Makanan ini berbahan dasar sagu serta ikan seperti halnya dengan empek-empek.

Hal yang membedakan adalah dalam bentuk dan kuahnya. Jika Celimpungan memiliki bentuk yang bulat pipih (tipis) dengan diameter 10 cm hampir sama seperti bakso.

Kuahnya terbuat dari santan dengan racikan bumbu lain. Kuahnya berwarna kekuningan akan tetapi tidak pedas. Dengan demikian, para pecinta kuliner yang ingin mencicipi Celimpungan dapat menambahkan sambal goreng untuk menambah sensasi kelezatannya.

Asal Mula Celimpungan

Berdasarkan masyarakat Palembang, awalnya orang ingin mencicipi Celimpungan akan tetapi tanpa saus cuka. Sehingga mereka pun berinovasi dengan menggunakan santan yang berbumbu rempah-rempah seperti kunyit, lengkuas, serai dan lain sebagainya.

Maka akhirnya terbentuknya Celimpungan seperti saat ini. Asal mula nama Celimpungan sendiri berasal dai kata “Cemplung”. Dimana saat memasukkan bakso ikan ke dalam kuah santan yang mendidih menimbulkan suara “plung” yang akhirnya bakso ikan ini dinamakan dengan “Celimpungan”.

Untuk dapat menambah cita rasa nikmat ppda Celimpungan, maka biasanya masyarakat akan menambahkannya dengan taburan bawang goreng, potongan lontong serta kerupuk ikan.

Bagi pecinta pedas, maka dapat menambahkan sambal khas yang bernama sambal merah tumis encer. Kuah Cemplungan yang berwarna kuning tersebut memiliki arti tersendiri yakni meriah atau semarak.

Celimpungan khas Palembang dapat Anda nikmati kapan saja. Saat lebaran, makanan ini paling diburu selain empek-empek. Bagi Anda yang akan berkunjung ke Palembang untuk melakukan reservasi penginapan terbaik dapat melalui Dparagon. Bisa juga dengan mengunduh aplikasi D’paragon di Playstore atau Appstore.