Manfaat daun sambiloto untuk kesehatan itu ternyata sangat dahsyat. Tumbuhan yang konon katanya mempunyai rasa pahit ini kerap kali orang sepelekan. Padahal tumbuhan tersebut menjadi salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Memiliki nama Latin Andrographis paniculata tanaman herbal yang berasal dari negara Asia Selatan contohnya adalah Sri Lanka dan India.

Ketahuilah meskipun tumbuhan ini pahit namun memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan kita. Di dalamnya terdapat zat antibakteri, antioksidan, anti peradangan sambil membantu merangsang kekebalan imun tubuh. Walaupun begitu sedikit orang yang mengetahui akan Manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari tumbuhan pahit ini.

Manfaat Daun Sambiloto
beritagar.id

Beberapa Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

Pernyataan yang terdapat banyak manfaat yang akan kita dapatkan. Pertama membantu mengatasi flu. Flu sendiri salah satu penyakit karena virus. Daun tersebut juga dipercaya dapat mengatasi pilek. Karena dapat merangsang kekebalan imun tubuh. Dengan demikian itu infeksi virus penyebab flu dapat teratasi dengan baik. Hanya itu saja melainkan juga membantu menjaga kesehatan jantung.

Sambiloto mempunyai nilai yang dapat mencegah pembentukan gumpalan serta penyempitan pada pembuluh darah. Selain dengan mengonsumsi daun dari tanaman pahit ini, Anda juga harus melakukan gaya hidup sehat. Misalnya rutin berolahraga, memperbanyak makan sayur dan buah, membatasi konsumsi makanan yang asin serta makanan yang berlemak.

Diabetes dan Infeksi

Salah satu penyebab gula darah adalah faktor genetik. Apabila Anda mempunyai riwayat penyakit tersebut dari keluarga. Tentunya menjalani gaya hidup sehat dengan melakukan pencegahan adalah hal yang sangat penting dilakukan. Tidak selamanya penyakit itu bisa sembuh dengan obat yang kita dapatkan dari rumah sakit.

Adakalanya penyakit tersebut bisa sembuh dengan kita mengonsumsi obat-obat herbal. Salah satunya adalah daun sambiloto yang mampu untuk menurunkan kadar glukosa, kolesterol dan trigliserida. Infeksi juga bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi daun tersebut. Seperti penjelasan sebelumnya yang mengatakan bahwa kandungan dalam daun ini ada anti bakteri yang dapat mengatasi infeksi.

Tidak hanya itu saja melainkan meskipun pahit ternyata manfaat daun sambiloto dapat menjaga kesehatan pencernaan. Salah satu gangguan pencernaan yang bisa teratasi adalah kolitis ulseratif. Sangat banyak bukan manfaat tumbuhan sambiloto untuk kesehatan kita? Jadi meskipun pahit jangan Anda remehkan ya.

Unduh aplikasi Dparagon untuk mendapatkan banyak informasi menarik seperti reservasi tempat menginap. Dapatkan secara gratis aplikasinya melalui Appstore maupun Playstore