Manfaat olahraga renang untuk kesehatan memang tak perlu diragukan lagi. Jenis olahraga satu ini memang terkenal bagus bagi kesehatan jantung. Bukan hanya itu saja, masih banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan berenang secara rutin.

Manfaat olahraga renang
pixabay.com

Segudang Manfaat Olahraga Renang bagi Kesehatan

Renang sendiri adalah salah satu jenis olahraga kardio yang bisa melatih otot tubuh dan juga kekuatan jantung. Selain itu, saat Anda melakukan olahraga renang ini secara rutin, maka juga bisa meningkatkan metabolisme. Dengan begitu, tubuh Anda mampu membakar kalori lebih banyak.

Sehingga tak heran jika renang jadi olahraga yang direkomendasikan guna menurunkan berat badan, terlebih untuk Anda yang tengah melakoni program diet. Selain itu, juga masih banyak manfaat berenang yang bisa Anda dapatkan terutama jika Anda melakukannya secara rutin, antara lain sebagai berikut:

Menjaga Agar Berat Badan Tetap Ideal

Renang bukan hanya menyenangkan, namun juga sangat ampuh dalam menjaga berat badan ideal Anda. Faktanya renang selama 1 jam mampu membakar 100 hingga 200 kalori, tentunya dengan pertimbangan seberapa efisien Anda melakukan olahraga satu ini.

Kalori yang terbakar tergantung pada rutinitas latihan yang Anda lakukan. Makin Anda rutin, maka dengan berenang dapat membakar kalori lebih efektif daripada olahraga yang lain, misalnya bersepeda.

Menguatkan dan Membentuk Otot

Selain bisa memelihara berat badan, manfaat berenang untuk tubuh lainnya yaitu dapat memperkuat otot-otot di dalam tubuh Anda. Salah satunya yaitu otot triceps. Bahkan peningkatan massa otot triceps tersebut bisa mencapai 23,8& jika rutin berenang dalam 8 minggu atau lebih.

Bagus untuk Kesehatan Jantung

Renang bisa membantu melancarkan sirkulasi jantung ketika memompa darah lalu mengirimkannya ke semua bagian tubuh. Sebuah riset mengatakan bahwa orang-orang yang latihan renang secara rutin selama 12 minggu punya peningkatan di jumlah darah yang dipompa/stroke volume sejumlah 18%.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah studio terhadap pengidap insomnia memperlihatkan bahwa berenang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur mereka. Untuk itu, apabila Anda menderita gangguan tidur, silahkan mencoba untuk renang supaya tidur lebih nyenyak saat malam hari.

Menjadikan Tubuh Lebih Rileks

Manfaat olahraga renang untuk tubuh yang lainnya yaitu membuat tubuh jadi lebih rileks. Saat Anda merasa jenuh dengan semua rutinitas keseharian Anda, maka berenang di kolam serta menikmati waktu santai merupakan hal yang bagus bagi Anda demi menyegarkan tubuh maupun pikiran. Ketenangan di dalam air sangat baik bagi kesehatan mental serta melepaskan ketegangan pada sendi atau otot. Dengan begitu badan bakal terasa lebih bugar dan fit kembali.

Sebagai informasi tambahan, apabila Anda jika Anda sedang pergi berlibur atau berjalan-jalan dan membutuhkan informasi penginapan yang nyaman, harga terjangkau, dengan fasilitas mumpuni, silahkan Anda menghubungi Dparagon. Untuk reservasinya, bisa melalui web resmi dparagon.com atau mengunduh aplikasinya di App Store dan Google Play Store.