Buntil Daun Talas Magelang mungkin masih terasa asing bagi sebagian orang. Namun bagi masyarakat Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Yogyakarta, maka ini tidak asing lagi. Buntil cukup terkenal sebagai salah satu kuliner yang banyak orang sukai. Makanan ini juga mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh karena terbuat dari sayuran.

Buntil Daun Talas Magelang, Coba Nikmati Kelezatannya
dimanaja.com

Lezatnya Buntil Daun Talas Magelang

Produksi buntil pada sekitar daerah Paten Magelang, dan beberapa daerah lainnya. Bahan utamanya daun talas sebagai wadah, parutan kelapa, bumbu dapur alami dan bumbu pelengkap lainnya sebagai isian. Selanjutnya isian tersebut dapat Anda masukan ke daun talas yang terikat. Setelah itu, dapat menambah santan cabe dan bumbu lainnya. Proses memasaknya dengan menggunakan api kecil dalam waktu yang lama.

Hal inilah yang menjadikan buntil daun talas ini semakin lezat untuk Anda santap. Biasanya, makanan yang satu ini tersaji sebagai lauk dengan nasi panas. Meski juga dapat menyantapnya tanpa nasi. Ciri khas dari buntil ini yakni kuah santan pedas dan cabai rawit utuh yang disiram saat akan menyantapnya. Kombinasi pedas cabai rawit, gurih dan asin yang sangat alami dari makanan ini. Oleh karena itu, selalu berhasil menambah selera makan.

Makanan khas Magelang yang satu ini, biasanya terbungkus dengan daun pisang yang telah dikukus. Anda dapat menjumpai buntil pada beberapa toko oleh-oleh Magelang dengan harga bervariasi. Bagi pecinta kuliner buntil daun talas pastinya akrab dengan makanan ini.

Memilih menyantapnya dengan nasi liwet hangat dan segelas teh nasgitel atau manis legi kentel. Pastinya akan sangat pas untuk Anda nikmati saat musim hujan tiba. Untuk kamar dan penginapannya Anda dapat reservasi di Dparagon atau unduh aplikasinya hanya melalui Play Store atau App Store.