Bagaimana peradaban manusia di 100 tahun yang akan datang ? Banyak versi dari para ahli yang menyatakan gambarannya tentang kehidupan manusia 100 tahun yang akan datang.  Ada yang mengatakan bumi akan kiamat, sehingga tidak akan ada peradaban manusia lagi. Namun, disini kita akan mengetahui tentag peradaban manusia 100 tahun yang akan datang yang tertulis di bbc indonesia. Lalu bagaimanakah kondisi manusia di masa depan ?

 

Bumi di masa depan

Jumlah Penduduk Dunia 100 Tahun yang Akan Datang

 

populasi-dunia

Berdasarkan prediksi PBB penduduk dunia akan mencapai 11,2 Milyar pada tahun 2100. Namun, ini hanya sebuah prediksi bukan  kepastian. Dalam prediksi lain PBB juga menyatakan penduduk bumi hanya mencapai 7,2 milyar lebih sedikit dibandingkan dengan penduduk bumi sekarang yaitu 7,5 milyar. Berdasarkan prediksi PBB penduduk bumi masih akan terus meningkat sampai tahun 2050.

Bagaimana Tingkat Harapan Hidup Manusia 100 Tahun yang Akan Datang?

 

Harapan Hidup Dunia Meningkat

Saat ini, tingkat harapan hidup rata – rata penduduk bumi adalah 72 tahun. Angka itu diprediksi akan terus meningkat. Pada 2100 diperkirakan akan mencapai 83 tahun.

Jika pada tahun 1950 rata-rata usia orang yang masih hidu adalah 24 tahun, maka diperkirakan pada tahun 2100 usia rata-rata orang yang masih hidup akan mencapai 42 tahun.

Tempat Tinggal Manusia 100 Tahun yang Akan Datang

 

tempat tinggal

Pada tahun 2030, akan ada 41 megacity. Megacity adalah kota dengan penduduk lebih dari 10 juta jiwa. Pada tahun 2050 , due pertiga dari penduduk dunia, yaitu sebanayk 6,3 milyar jiwa, akan hidup di area perkotaan.

Sumber Energi 100 Tahun yang Akan Datang

sumber energi

Saat ini mayoritas sumber energi yang digunakan, yaitu sebanyak 86% berasal dari minyak bumi. Energi terbarukan hanya menyumbang 10% saja. Tetapi jumlah itu terus naik.

Konsumsi energi matahari secara global, sudah melonjak 7,5 kali lipat di tahun 2015, dibandingkan tahun 2010. Pada masa depan diprediksi akan didominasi energi terbarukan, negara-negara yang memiliki lahan luas, tempat turbin angin dan panel surya dipasang, akan mendapat keuntungannya tersendiri.

Apakah Pekerjaan Saya Diambil Alih Robot?

robot

Hampir separuh di Amerika Serikat nantinya akan dikerjakan robot komputer, ungkap peneliti Universitas Oxford. Dan ada beberapa pekerjaan yang berpotensi lebih besar dikerjakan oleh robot atau komputer. Misalnya akuntan, pengemudi taksi dan sales lewat telpon kemungkinan akan digantikan oleh robot dalam satu atau dua dekade mendatang.

Namun, untuk pekerjaan yang membutuhkan kreativitas, keterampilan dan juga empati masih akan tetap dikerjakan manusia. Buruh di masa depan harus siap-siap beradaptasi dengan menipisnya peluang pekerjaan.

Sumber : www.bbc.comhttp://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-39815855