Penyebab Pemanasan Global
Foto Diambil Dari Mali Maedar Via Pexel

Penyebab Pemanasan Global Yang Anak Kost Harus Tahu – Keadaan bumi saat ini emang gak baik-baik aja dan faktornya adalah pemanasan global atau global warming. Sebagai anak muda, kita wajib banget mengetahui apa aja sih penyebab terjadinya bencana ini.

Kali ini D’paragon mau kasih tau kalian penyebab terjadinya pemanasan global. Tujuannya adalah agar anak muda lebih tahu gimana caranya menjaga lingkungan dengan baik untuk menyelamatkan bumi dan agar anak-cucu kita bisa hidup dengan nyaman di masa yanga akan datang. Kamu gak mau kan keadaan bumi ini kacau dan bisa menyengsarakan keturunan kita nanti?

Apa Aja Sih Penyebab Pemanasan Global?

Kamu harus simak daftar penyebab pemanasan global di bawah ini sampai akhir ya. Siapa tahu ada point yang masih kita lakukan sampai saat ini. Dengan menyadari perbuatan buruk yang masih dilakukan, semoga kita bisa merubah diri dan bisa berdampak baik untuk bumi ya. Berikut adalah penyebab pemanasan global:

1. Polusi Kendaraan Dari Bahan Bakar Bensin

Kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin bisa mempercepat proses pemanasan global loh. Pemakaian kendaraan seperti motor, mobil, bus dan jenis lainnya ini bisa menghasilkan banyaknya gas karbondioksida yang gak bagus untuk bumi dan seisinya.

Untuk mengurangi polusi kendaraan, caranya adalah mengurangi pemakaian kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi umum. Cara ini dijamin sangat efisien untuk keramahan lingkungan.

By the way, Sekarang ini pemerintah kota-kota besar, tempat dimana ada banyak banget kegiatan manusia yang mengharuskan mereka untuk pergi kesana dan kemari seperti Jakarta, Yogyakarta, Solo dan lainnya, udah memaksimalkan alat transportasi yang nyaman untuk penumpang. Pemerintah berharap cara ini bisa membuat masyarakat lebih memilih transportasi umur dan mengurangi polusi udara. 

2. Pemakaian Listrik Yang Boros

Pemakaian listrik yang kita gunakan sehari-hari bisa menyebabkan penguapan. Hasil dari penguapan ini lah bisa menghasilkan karbondioksida. Ya, meskipun pengaruhnya gak secepat polusi kendaraan, tapi perilaku ini dilakukan setiap orang maka tetap akan terjadi penumpukan karbondioksida.

Oleh sebab itu, yuk gunakan listrik seefisien mungkin. Gunakanlah listrik secukupnya aja ya. Selain mengurangi pemanasan global, cara ini juga ampuh agar tagihan listrik gak membengkak.

Baca Juga: Tips Hemat Listrik: Ala anak Kost

3. Sampah Plastik Yang Berlebihan

Sampah emang jadi permasalahan yang paling besar setiap kali membahas penyebab pemanasan global, terutama limbah plastik. Hampir semua produk yang kita gunakan sehari-hari gak lepas dari bahan plastik seperti botol minuman, kemasan makanan dan berbagai macam kemasan produk lainnya. 

Padahal limbah plastik punya pengaruh yang besar dalam proses pemanasan global. Plastik yang terpapar sinar matahari atau terbakar bisa menimbulkan gas metana dan etilen. Gas jahat ini lah yang akan meningkatkan gas karbondioksida .

Yuk, dari sekarang kurangi sampah plastik. Kamu gak mau kan jadi produsen aktif sampah plastik?

Nah, untuk mengurangi sampah plasti, kamu membawa tas reuseable saat berberlanja, menggunakan minuman dari rumah memakai botol reuseable dan lainnya. Kalau kamu penjual pakaian atau produk lainnya, usahakan menggunakan produk yang raman lingkungan ya.

4. Kurangnya Pepohonan

Peran pepohonan untuk melawan karbondioksida itu sangat penting. Pohon yang rimbun dan banyak daunnya bisa mempercepat penyerapan karbondioksida.

Nah, sekarang ini udah babyak baget pohon-pohon besar yang ditebangi untuk jadi pemukiman warga. Sayang banget kan?

Sebagai anak kost, kita bisa kok membantu mempercepat proses penghisapan gas karbondioksida. Caranya dengan menanam tanaman dan menaruhnya di jendela kamar kost atau di sekitar tempat kamu tinggal. Langkah ini memang terlihat kecil, tapi kalau setiap orang menanam tumbuhan pasti akan sangat membantu pencegahan pemanasan global.

Nah, untuk yang masih bingung dengan tata cara menanam dengan baik, kamu bisa lihat tutorial menanam yang ada di Youtube atau mengikuti komunitas pecinta tanaman dan lingkungan

Baca Juga: Komunitas Jogja: Anak Kost Jogja, Ini Seru Loh!

5. Konsep Rumah Modern

Pada masa sekarang ini, banyak orang yang memilih konsep rumah modern dengan menggunakan banyak kaca. Selain untuk mempercantik, rumah dengan konsep ini dianggap memberikan banyak matahari masuk kedalam rumah dan membuat ruangan menjadi terasa lebih luas.

Padahal rumah yang menggunakan banyak kaca bisa mempercepat proses pemanasan global loh. Cahaya yang bertabrakan dengan kaca, maka dia akan memantulkannya kembali ke udara. Nah, pantulan cahayanya ini lah yang disebut dengan efek rumah kaca dan bisa menyebabkan pemanasan global semakin cepat.

Nah, untuk mengurangi efek rumah kaca ini, diharapkan semua orang bisa membangun rumah yang ramah lingkungan. Meskipun konsep rumah modern terlihat keren, tapi ini sih bakal gagal keren karena udah jadi penyumbang efek rumah kaca dan malah merusak lingkungan.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahukan apa penyebab terjadinya pemanasan global. Hayo kamu masih melakukan kegiatan yang bisa berdampak merusak lingkungan atau gak? Kalau kamu masih, yuk dari sekarang kita upayakan untuk mengubah perilaku menjadi lebih baik agar kelestarian alam tetap terjaga.

Mengingat salah satu upaya mencegah pemanasan global adalah polusi kendaraan, kamu bisa nih pilih tempat tinggal yang dekat dengan kantor atau kampus. Tujuannya biar bisa sampai ke tujuan cuma dengan jalan kaki dan gak boros ongkos. Coba deh cek website D’paragon dan instagramnya. Disana ada banyak pilihan tempat kost yang bisa kamu pilih sesuai fasilitas yang dibutuhkan. Ayo kepoin!