Pulau Kemaro Palembang merupakan pulau kecil yang romantis di Provinsi Sumatera Selatan. Dengan pembangunan infrastruktur dan fasilitas yang memadai membuatnya menarik dan menjadi tujuan liburan terfavorit. Pesona wisata Kemaro yang unik dan istimewa, kini sangat melegenda.

Pulau Kemaro ini terletak di tengah Sungai Musi. Menariknya pulau ini terbentuk dari proses alam Sungai Musi dimana lumpur dan tanah terbawa aliran dan berkumpul di sungai membentuk pulau Kemaro. Sehingga letaknya tepat di titik pertemuan antara sungai dan laut.

Pulau Kemaro Palembang
Pulau Kemaro Palembang : pinterest.com

Pesona Pulau Kemaro Palembang Menjadi Magnet Wisatawan

Wisata ini menjadi buah bibir dan menarik minat warga lokal, domestik, hingga mancanegara. Pengunjung harus menaiki perahu dan membelah Sungai Musi untuk sampai kesana.

Salah satu daya tariknya adalah bangunan pagoda yang berada di tengah pulau. Arsitektur pagoda ini mirip dengan pagoda negeri tirai bambu. Menariknya pagoda ini terdiri dari 9 lantai.

Bagian atas untuk ibadah umat Budha. Beberapa ruangan lain untuk menginap peserta festival Imlek. Pada samping pagoda terdapat klenteng Hok Tjing Bio atau klenteng Kwan Im.

Legenda Pulau Kemaro

Di Pulau ini terdapat sebuah prasasti yang menuliskan cerita legenda pulau Kemaro tentang kisah cinta Tan Bun An. Pangeran dari Tiongkok yang berniaga hingga Palembang. Ia menjalin kasih dengan Siti Fatimah seorang bangsawan Palembang.

Siti Fatimah di ajak Tan Bun An ke negeri Tiongkok untuk bertemu keluarganya dan meminta restu untuk mempersunting Siti Fatimah. Namun mereka dihadiahi tujuh buah guci. Saat ,masih di tengah Sungai Musi, Tan kaget melihat isi guci yang hanya berupa sayuran yang sudah mulai membusuk. akhirnya ia membuangnya ke Sungai Musi.

Hingga guci terakhir, ia melihat di dalamnya terdapat bongkahan emas. Akhirnya Tan menyesal dan mencoba mengambil kembali guci yang dibuangnya ke sungai Musi dengan melompat.

Pulau Kemaro Palembang kini pulau tersebut menjadi tempat peribadatan etnis Tionghoa terbesar. Untuk mengetahui tempat traveling hits hingga penginapannyanya Anda bisa lihat di dparagon.com. Unduh segera dparagon melalui playstore atau appstore.