Museum Al Qur’an Palembang merupakan wisata yang berlokasi di Jalan M Amin Fauzi, Soak Bujang, Rt 03 Rw 01, Gandus, Kecamatan Gandus, Palembang, Sumatera Selatan. Destinasi wisata religi ini menjadi daya tarik wisatawan baik domestik hingga mancanegara.

AlQur’an raksasa ini terbuat dari kayu tembesu dengan ukuran mencapai 15 meter. Sedangkan setiap lembar halamannya berukuran 177 cm x 140 cm x 2,5 cm. Menariknya ada 30 juz dalam Al Qur’an yang terukir dengan pahatan warna emas yang khas. Sehingga terlihat sangat mewah dan indah.

Museum Al Qur'an Palembang
Museum Al Qur’an Palembang: pinterest.com

Keindahan Museum Al Qur’an Palembang yang Mengagumkan

Pembangunan Al Qur’an raksasa ini berada di kawasan Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang. Pemilihan kayu tembesu tidaklah sembarangan. Karena bahan kayu tersebut tidak mudah rusak, anti rayap, dan awet.

Ayat-ayat Al Qur’an tersebut memiliki pahatan timbul dengan warna emas mewakili warna kejayaan Kesultanan Palembang Darussalam. Sejak tahun 2002 telah banyak pemahat kaligrafi ternama yang turut membuatnya.

Terdapat 630 halaman yang lengkap dengan doa khataman dan tajwid. Sejak peresmiannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, destinasi wisata ini selalu menarik wisatawan luar negeri terutama Malaysia untuk melihat kemegahan ayat suci Al Qur’an.

Wisata ini menjadi tempat masyarakat untuk mengadakan kegiatan berupa tadarus, sholat, ceramah, dan buka bersama. Al Qur’an Al Akbar ini berbentuk lembaran yang dipasang seperti jendela dengan bangunan tingkat lima.

Semua terlihat sangat cantik dan indah. Banyak wisatawan mengabadikan momen di tempat wisata ini untuk media sosial.Semua menjadi kebanggaan tersendiri dapat berfoto di wisata Al Qur’an terbesar dunia.

Museum Al Qur’an Palembang selalu banjir pengunjung. Terutama saat weekend atau hari besar. Masih banyak tempat wisata dengan penginapannya yang bisa Anda ketahui dengan dparagon.com. Unduh aplikasi dari dparagon lewat playstore juga appstore.