Rumah scandinavian di Indonesia mengusung konsep desain rumah sederhana dan elegan, khas negara-negara Skandinavia di wilayah utara Eropa. Negara skandinavian yang dimaksud adalah Norwegia, Denmark, Swedia, Islandia, dan Finlandia.

Rumah Scandinavian di Indonesia, Nuansa Intrerior Bergaya Eropa
arsitag.com

Konsep Interior Rumah Scandinavian di Indonesia

Popularitas rumah bergaya scandinavian kini sudah menyebar di dunia, termasuk Indonesia. Kesan scandinavian yang kental, akan semakin terasa dengan kehadiran dekorasi dan furniture berciri khas scandinavian. Lalu, bagaimana penerapan gaya rumah sederhana dan elegan tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Sederhana dan Bersahaja

Indikator utama keindahan arsitektur Scandinavian terletak pada desainnya yang sederhana dan tampak bersahaja. Penggunaan ornamen seperlunya saja.

Jadi, detail rancangan yang dibuat semuanya berprinsip pada nilai kegunaannya. Demikian juga dalam pemilihan perabotan, diutamakan ramah anak dan benar-benar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan penghuninya.

Cinta Alam

Gaya hidup masyarakat Scandinavian adalah jiwa cinta alam yang mendalam dan sudah mendarah daging, sehingga desain rumah scandinavian juga ramah lingkungan. Anda bisa membuat taman minimalis sebagai desain eksterior dan menggunakan beberapa furniture berbahan kayu. Kebanyakan, model hunian scandinavian memiliki balkon agar dapat menikmati panorama alam lebih mudah.

Bahan Alami

Pemanfaatan furniture dari kayu dan bahan alami lainnya, mampu memberikan kesan hangat dan suasana yang ramah. Penggunaan lantai, tangga, dan dinding dari kayu berfungsi sebagai insulator alami.

Tata letak furniturenya juga tidak rumit. Hal ini bertujuan agar penghuni rumah lebih leluasa bergerak. Mengusung prinsip less is more, agar rumah senantiasa tampak rapi dan nyaman, maka penggunaan barang-barang lebih pada kebutuhan.

Tata Cahaya dan Pilihan Warna Netral

Mendesain jendela rumah cenderung apa adanya, bertujuan untuk memperoleh kontribusi pencahayaan lebih maksimal. Umumnya, desain jendela berukuran lebih besar atau dengan dekorasi yang minimum seperti penggunaan tirai tipis berwarna netral. Meski demikian, tata letak lampu jangan sampai luput dari perhatian Anda.

Dapatkan konsep desain rumah yang sedang trend saat ini di web D’paragon. Selain banyak artikel menarik, Anda juga bisa memperoleh informasi terkait kost eksklusif dan guest house. Download aplikasinya melalui Playstore atau AppStore sekarang juga.