Kampung Arab Palembang menjadi pilihan destinasi wisata religi yang perlu Anda kunjungi. Berwisata ke suatu daerah tidak selalu tentang alam, taman, ataupun kulinernya. Namun Anda juga dapat mengunjungi kampung yang diubah dengan menarik. Tujuan yakni agar dapat menonjolkan wisata di daerah sana.

Salah satu wisata yang terkenal untuk Anda singgahi yakni Kampung Arab Al-Munawar. Daerah ini memang terkenal akan kebudayaannya. Hal tersebut yang membuatnya populer di Palembang.

Kampung Arab Palembang, Destinasi Wisata Religi Menarik Dikunjungi
Ilustrasi Kampung Arab Palembang. Foto: Ist/Net

Kampung Arab Palembang Pilihan Destinasi Wisata Religi

Perkampungan ini yang letaknya di Jalan KH Azhari Kelurahan 13 Ulu Kecamatan Seberang Ulu (SU) II Palembang. Tempat ini pilihan tepat sebagai destinasi wisata religi Palembang. Hal ini karena menyimpan sejuta sejarah yang hingga terus dilestarikan.

Awalnya perkampungan ini didirikan oleh Abdul Rahman Bin Muhammad Al-Munawar yakni  sekitar 200 tahun lalu. Saat itu, nenek moyang keturunan Al-Munawar mengunjungi Kota Palembang pada masa Kesultanan Palembang Darussalam.

Terdapat sejumlah 75 Kepala Keluarga (KK) yang menempati di Kampung Al-Munawar Palembang. Keseluruhan penghuni adalah keluarga besar dari daerah Yaman, Arab Saudi hingga 9 generasi.

Tidak hanya tempat pemukiman saja, daerah ini juga memiliki beberapa tempat penting. Mulai dari sekolah swasta, Taman Pendidikan Alquran (TPA), dermaga, musala, poliklinik, dan yang lainnya.

Beberapa bangunan tersebut yang berdiri dengan perpaduan tradisi Palembang-Yaman. Seperti halnya bentuk rumah Limas Palembang memiliki ornamen-ornamen ciri khas Palembang. Selain itu, banyak bangunan lainnya berusia hingga 300 tahun. Bahkan hingga kini juga masih tampak berdiri kokoh.

Kampung Arab Palembang tersebut memang menjadi destinasi wisata religi yang patut Anda kunjungi. Saat ini, Anda dapat mengunjungi web dparagon.com untuk melakukan reservasi penginapan dan unduh aplikasinya melalui App Store maupun Playstore.