Pacitan merupakan gudangnya wisata dan kuliner. Berbagai tempat wisata dan makanan kuliner tersedia di kota ini. Salah satu makanan kuliner yang tersedia adalah sale Pacitan.

Sale Pacitan
pixabay.com

Macam Varian Sale Pacitan

Bahan baku dari makanan kuliner khas Pacitan ini adalah pisang. Sama-sama dari pisang namun beda cara penyajiannya. Pacitan menyajikan sale dengan cara yang variatif. Berikut beberapa varian sale yang terdapat di tempat ini.

1. Sale Anggur

Cara membuatnya juga tidak sulit, yakni potong-potong pisang dan jemur dibawah terik sinar matahari. Setelah kering, padatkan dan bentuk kecil lalu gulung. Kemudian bungkus plastik pada bagian luar. Dengan penyajian yang unik sale anggur dapat bertahan selama 5 bulan.

2. Sale Cumi-Cumi

Cara pembuatan sale cumi ini sama dengan sale anggur. Perbedaannya terdapat pada gulungan sale yang tidak padat. Sale ini digulung satu kali dan terdapat lubang tengah sehingga mirip dengan cumi. Setelah itu, menggoreng sale sehingga menghasilkan sensasi kriuk.

3. Sale Anggur Daun Jagung

Varian sale yang selanjutnya adalah sale anggur daun jagung. Pembuatanya sama seperti sale anggur namun untuk membungkusnya menggunakan daun jagung. Salah satu favorit sale pada zaman dahulu. Namun dengan minimnya bahan baku, sale ini pelan-pelan menghilang.

4. Sale Anggur Warna Warni

Untuk menarik pembeli, sale pisang ini dibungkus dengan kertas krep warna warni dan dilapisi plastik bening. Selanjutnya membentuk sale yang sudah jadi seperti untaian anggur.

5. Keripik Sale

Sale ini dibuat seperti keripik. Caranya potong kecil-kecil dan goreng sampai garing. Bagi Anda yang gemar menikmati keripik, tidak ada salahnya jika mencoba keripik sale ini.

Dengan berbagai varian sale Pacitan ini akan menarik pengunjung untuk membelinya. Gunakan sale ini sebagai oleh-oleh dari liburan Anda. Untuk Anda yang ingin mencari penginapan dapat mengunjungi dparagon.com. Dapatkan aplikasi melalui APP Store dan Playstore.