Sayur kalakan merupakan kuliner khas Pacitan dengan bahan utama menggunakan ikan hiu. Sayur kalakan pacitan hadir dengan cita rasa unik sehingga menjadi kegemaran para wisatawan yang berkunjung ke Pacitan.

Resep Sayur Kalakan
verdian276.weebly.com

Resep Sayur Kalakan Pacitan

Sayur kalakan memiliki cita rasa yang unik. Oleh sebab itu, menu kuliner ini banyak wisatawan lokal bahkan luar daerah cari. Selanjutnya bahan-bahan sayur kalakan yang harus Anda siapkan adalah 200 gram daging ikan hiu (potong-potong, tusuk, lalu bakar), santan 700 mili, daun jeruk sebanyak 6 lembar dan sobek-sobek, 3 buah cabe merah besar iris, 3 buah bawang merah iris.

Lalu bahan selanjutnya 2 lembar daun salam 2 cm lengkuas memarkan 2 buah bawang putih iris, 2 sendok makan minyak untuk menumis. Berikutnya satu seperempat sendok teh garam dan satu seperempat sendok teh gula merah sisir. Selanjutnya yaitu 5 siung bawang merah, 3 buah kemiri 3 buah bawang putih 1 buah cabai merah besar, 3 buah cabai merah keriting, 1,5 cm kencur, dan 1 cm kunyit yang telah dibakar.

Cara Membuat Sayur Kalakan

Langkah pertama, panaskan minyak kemudian masukkan bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk tumis sampai layu. Berikutnya masukkan bumbu-bumbu yang sudah Anda haluskan. Tumis hingga harum. Selanjutnya masukkan cabai merah besar aduk hingga layu. Setelah itu, masukkan santan, gula merah, dan garam, tunggu hingga mendidih. Setelah itu tes rasa, apabila sudah pas maka bisa matikan kompor. Selanjutnya sajikan ikan yang telah ditusuk dan dibakar tadi ke atas mangkuk lalu siram dengan kuah yang telah matang dan sajikan.

Itulah resep sayur kalakan Pacitan yang menggugah selera untuk setiap suasana. Kuliner ini dapat Anda dapatkan pada warung makan sekitar Pantai Teleng Ria Pacitan. Selanjutnya untuk kemudahan dalam reservasi kamar dapat Anda lalukan melalui website dparagon.com dan unduh aplikasinya melalui Playstore atau APPStore.