Malang memiliki berbagai tempat wisata alam yang asri yang wajib untuk dikunjungi, salah satunya yaitu Air Terjun Sumber Pitu Pujon. Air terjun ini berada di Desa Pujon Kidul, Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Di Jawa Timur sendiri air terjun biasa disebut sebagai coban, karena itu wisata ini dinamakan Coban Sumber Pitu.

Sumber Pitu Pujon
unsplash.com

Daya Tarik Coban Sumber Pitu Pujon

Wisata ini menampilkan benteng tebing dengan dominasi warna hijau dari tumbuhan yang tumbuh di dinding tebing. Warna hijau alam dengan batuan tebing semakin terlihat cantik dengan air yang berjatuhan dari celah-celahnya. Air terjun tersebut juga bukan hanya pada satu titik akan tetapi menyebar di segala penjuru dinding tebing.

Untuk menuju air terjun ini, wisatawan harus melewati beberapa pos terlebih dahulu. Wisatawan juga akan melewati jalur setapak berundak dan melalui perkebunan sayur setelah itu wisatawan juga akan melalui jalur turunan. Saat mengunjungi wisata ini, Anda pun dapat mengunjungi 3 air terjun sekaligus.

Air terjun pertama yang akan wisatawan temui adalah air terjun Coban Tunggal. Setelah itu wisatawan dapat berbelok ke kiri dan melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Sumber Pitu yang sudah terlihat dari kejauhan. Jalur yang akan wisatawan lewati juga menanjak dan terjal, oleh karena itu wisatawan harus selalu untuk berhati-hati.

Sesampainya di Air Terjun Sumber Pitu, Anda dapat menikmati keindahannya sambil beristirahat. Suara air yang jatuh, udara dan air yang sejuk pastinya akan menghilangkan rasa penat selama perjalanan. Jika Anda masih ingin lanjut berjalan Anda dapat melanjutkan perjalanan ke air terjun lainnya yaitu, Coban Papat yang jaraknya dapat ditempuh selama 15 menit.

Fasilitas di wisata Air Terjun Sumber Pitu Pujon ini seperti tempat parkir yang luas, toilet, dan warung penjual makanan dan minuman yang dapat Anda temui di pintu masuk loket wisata. Nah, bagi Anda yang hendak berlibur maka Anda dapat melakukan reservasi kamar melalui web dparagon dan mengunduh aplikasinya melalui Playstore dan APPStore.