Sunmor UGM
Diambil Dari SunmorUGM_YK Via Instagram

Sunmor UGM: Fakta Unik dan Nasib Saat Pandemi –  Buat orang-orang yang tinggal di Jogja dan siapapun yang pernah datang  ke pasar ini pastinya punya kenangan tersendiri. Nah, kali ini D’paragon mau kilas balik Sunmor dengan mengulas fakta unik dan nasibnya sekarang.

Buat yang belum tahu, Sunmor UGM atau Sunday Morning UGM adalah sebuah pasar pagi yang cuma bisa kamu temukan pada Minggu. Bukan sekedar pasar, Sunmor UGM juga sering dijadikan objek wisata oleh orang-orang yang tinggal di Jogja dan wisatwan dari luar kota.

Lokasi Sunmor UGM berada di pusat kota, tepatnya di Jl. Lembah UGM Karang Gayam, Depok, Sleman, Yogyakarta. Seperti namanya, pasar pagi berada wilayah sekitar kampus Universitas Gadjah Mada.  

Berikut Adalah Fakta Unik Sunmor UGM dan Nasibnya Saat Pandemi

Simak sampai akhir artikel ini untuk mengetahui fakta unik dan nasib Sumor UGM saat ini sampai akhir ya!

Tempat Belanja Murah

Sunmor UGM adalah pasar dadakan yang menjual banyak banget barang dengan harga murah. Itu sebabnya kenapa pasar ini selalu ramai pengunjung. Gak sedikit pula anak kost jogja yang menyiapkan Minggu pagi sebagai hari belanja keperluan untuk kamar kost di pasar ini. Lumayan kan dapet potongan harga dan bisa disisipkan untuk uangnya buat keperluan lain.

Seperti pasar pada umumnya, ada banyak banget barang-barang yang bisa ditemukan di Sunmor UGM. Mulai dari pakaian, kosmetik, alat keperluan rumah tangga dan masih banyak lainnya. Ibarat kantong Doraemon, pengunjung bisa dapetin apa yang mereka kamu.

Wisata Kuliner

Jangan tanya soal jajanan atau makanan, di sini adalah surganya. Mulai dari makanan khas Jogja sampai makan kekinian pun ada di sini. Pokonya, sebelum dateng ke sini kamu harus dateng saat perut kosong. Cara ini dilakukan biar kamu bisa menikmati semua jajajan enak.

Harga makanan di sini juga sangat murah. It sebabnya kenapa banyak masyarakat mulai dari kalangan atas sampe yang bawah suka berwisata kuliner disini karena anti dompet bocor.

Dekat Lokasi Jogging

UGM emang salah satu kampus yang lingkunganya enak untuk Jogging. Ada banyak orang yang meluangkan waktu berolahraga di Minggu pagi dengan berlari di area kampus favorit yang satu ini. Nah, lokasi yang sering digunakan untuk jogging ini sangat dekat Sunmor UGM.

Lokasi yang berdekatan ini sering bikin orang yang jogging jadi salah fokus. Niat olahraga yang tadinya untuk menguruskan badan, malah gagal karena tertarik godaan makanan lezat di Sunmor UGM. Hayo siapa yang suka seperti ini?

Punya 1000 Pedagang

Pasar yang cuma bisa ditemukan saat hari ini Minggu  ini, punya banyak banget pedagang. Menurut berita yang tersebar, ada sekitar 1000 penjual. Jumlah ini sih lumayan banget untuk sekelas pasar dadakan.

Jumlah pedagang yang banyak itu lah yang menjadi alasan kenapa pasar ini punya lokasi yang panjang yaitu sekitar 2 KM. Ini salah satu sebab kenapa pasar dadakan ini bisa sangat fenomenal.

Lapak Berjualan Mahasiswa

Gak jarang loh, mahasiswa yang menjajakan barang dagangannya disini. Mereka yang punya bisnis sampingan memaksimalkan banget adanya Sunmor UGM sebagai lokasi mencari tambahan uang jajan. Sebagai anak muda, mereka gak malu berjualan dan panas-panasan terkena terik matahari.

Para mahasiswa yang punya usaha online dan gak punya toko fisik memanfaatkan fasilitas Sunmor UGM untuk menjajakan barang dagangan secara langsung ke konsumen. Ini juga bisa jadi ajang mereka untuk mempromosikan produk binis.                          

Baca Juga: Kunci Usaha Bisnis Sampingan Untuk Anak Kost

Nasib Sunmor Saat Pandemi

Sayang sungguh sayang, nasib Sunmor UGM yang bersinar cemerlang seketika redup saat covid-19 datang ke Kota Jogja. Pandemi memutus kegiatan yang ada di Sunmor UGM.

Tentu ini membuat banyak orang sedih. Para pedangan kehilangan kesempatan berdagang dan mendapatkan keuntungan. Sedangkang pembeli, terutama anak kost, harus pindah ke tempat lain untuk berbelanja.

Penutupan Sunmor UGM dilakukan untuk tidak menjadi cluster penyebaran virus covid-19. Dengan cara ini diharapkan bisa memutus rantai penularan covid-19. Sampai artikel ini ditulis, pasar dadakan ini belum memiliki aturan  untuk dibuka dan belum tahu kapan akan dibuka.

Baca Juga: Swab Antigen Jogja: 15 Daftar Lokasi dan Harga

Penutup

Fakta unik Sunmor UGM bikin kita kangen sama pasar dadakan yang satu ini. Yah, meskipun pandemi mengharuskan pasar favorit orang-orang di Jogja dan luar daerah ini harus tutup sementara, semoga semua segera berakhir dan pasar yang selalu jadi favorit di Jogja bisa diadakan lagi.

Nah ketika suatu saat nanti Sunmor UGM telah dibuka dan kamu mau berkunjung ke Jogja, jangan lupa pesan penginapannya di D’paragon ya. Kamu bisa cek website D’paragon dan Instagramnya. Disana ada banyak pilihan tempat penginapan yang bisa disewa harian, bulalan dan tahunan. Eits, bukan cuma penginapan aja, D’paragon juga Cuma beraneka ragam tempat kost untuk kamu yang mau tinggal sementara di Jogja.

Leave a Reply