7 Manfaat Puasa Ramadhan
Diambil Dari Ahmed Aqtai Via Pexels

7 Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan, Kamu Wajib Tahu –  Siapa nih yang girang kalo udah masuk Bulan Puasa karena mau kurusin badan dan uang jajan hemat? Pasti ada banyak orang yang berpendapat seperti in dan bisa jadi kamu adalah salah satunya. Padahal, kamu harus tahu kalau ternyata manfaatnya lebih dari itu.

Kamu pasti sering denger dengan kalimat “Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah”. Nah, berkah yang dimaksud itu apa sih? Berkah yang dimaksud adalah kamu bisa memetic segala manfaat yang didapatkan dari berpuasa di Bulan Ramadhan. Sebagai umat islam, kamu harus peka nih sama manfaat apa aja yang bisa didapat dari berpuasa selama satu bulan lamanya.

Apa Aja Sih 7 Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan?

Biar puasamu makin nikmat dan bisa meresapi indahnya Bulan Ramadhan. Simak 7 manfaat Puasa di Bulan Ramadhan di bawah ini. Kalau perlu, kamu bisa catat dan tempel di dinding kamar kost biar makin semangat dan menjalani puasa Ramadhan

Melatih Kesabaran

Saat berpuasa, ada satu momen yang paling ditunggu yaitu berbuka puasa. Hayo siapa yan suka sedikit-sedikit lihat jam saat puasa? Gak apa-apa kok. Dengan kamu bisa menahan diri gak makan dan gak minum sampai maghrib, itu adalah salah satu praktek melatih kesabaran.

Selain itu, puasa juga mengharuskan seseorang untuk menahan amarah dan sifat buruk lainnya. Dengan menjalani perilaku ini secara terus menerus selama satu bulan lamanya, maka ini akan jadi sebuah kebiasaan yang baik yaitu bisa menjadi pribadi yang lebih bersabar.

Melatih Kedisiplinan

Salah satu contoh yang bisa menunjukkan kalau puasa bisa melatih kedisiplinan adalah sahur. Kamu perlu tahu kalau sahur di bulan puasa adalah sunnah. Mau gak mau kamu akan bangung pagi bukan? Dengan ini kamu akan terbiasa bangug lebih awal dari biasanya.

Melatih Rasa Syukur

Selama berpuasa, ada waktu dimana kamu dibolehkan makan dan minum yang kamu suka yaitu mulai dari adzan maghrib sampai waktu imsak. Momen ini akan jadi sebuah hal yang gak terbayarkan saat membayangkannya sewaktu puasa dan ini bisa membuat kamu bersyukur bahwa bisa makan dan minum adalah nikmat yang luar biasa.

Melatih Hidup Sederhana

Sadar gak sih kalau saat berbuka puasa dan boleh makan makanan apapun atau bahkan segelas air putih udah bisa bikin kamu bahagia. Sesederhana segelas air putih aja udah bisa bikin tubuh kamu lega setelah berpuasa seharian. Contoh ini yang membuktikan kalau puasa bisa membuat sesuatu yang sederhana menjadi luar biar dan menjadikannya sebuah nikmat.

Menambah Kepedulian Antar Manusia

Secara gak sadar, bulan Ramadhan memberikan banyak sekali pelajaran dalam menambah kepedulian antar manusia. Salah satunya adalah kegiatan berbagi takjil atau makanan saat menjelang waktu berbuka di tempat umum secara cuma-cuma. Selain itu berbagi makanan pula pada saat sahur. Kemudian, sholat tarawih pun sering terjadi, dimana ada seorang penceramah yang memberi tausiyah kepada jama’ah.

Terbiasa Untuk Bersikap Hati-Hati

Saat menjalankan puasa, sadar gak sih kalau kita jadi lebih berhati-hati dalam bersikap untuk menghindari perilaku yang buruk? Misalnya seperti menjaga pikiran, perkataan dan perbuatan buruk. Nah sikap ini lah yang bisa membuat kamu menjadi terlatih dalam bersikap hati-hati.

Terbiasa Menjaga Kesehatan

Bukan cuma secara spiritual, berpuasa selama bulan Ramadhan juga bisa melatih tubuh kita untuk lebih sehat. Keuntungannya untuk kesehatan diantara lainnya adalah mengurangi tekanan darah, mengurangi kadar diabetes, mengontrol berat badan, menjadi obat maag bahkan bisa menghindari seseorang dari resiko stroke loh. Ini bisa jadi bukti kalau puasa itu bukan menyiksa diri tapi merupakan sebuah bentuk mencintai diri sendiri.

Baca Juga: Tips Menyediakan Makanan Saat Bulan Puasa Saat Bulan Puasa Ala Anak Kost

Penutup

Semoga dengan mengetahui 7 manfaat puasa di Bulan Ramadhan bisa bikin kamu makin semangat menjalankan kegiatan di bulan Ramadhan. Percayalah bahwa Allah gak mungkin memerintahkan suatu perkara tanpa ada sisi manfaat yang baik untuk setiap manusia. Nah, untuk itu, jangan sampai lupa point-point di atas ya biar ya biar puasa kamu selama bulan puasa terasa ringan dan nyaman.

Nah, berhubungan dengan kenyamanan, kamu juga wajib banget punya tempat tinggal yang nyaman. Salah satunya ya ngekos atau nginep di D’paragon Kost yang dijamin aman, nyaman dan murah. Meskipun murah, fasilitas D’paragon juga gak main-main. Kamu bisa pilih fasilitas hunian sesuai dengan yang kamu butuhkan dengan harga terjangkau.

Oh ya ada promo khusus juga buat kamu yang mau reservasi via aplikasi D’paragon. Kamu akan mendapatkan potongan harga sampai dengan 70% loh. Duh, kurang apalagi? Yuk ngekost dan nginep di D’paragon aja!

Leave a Reply