8 Tempat Berburu Takjil di Jogja
Diambil Dari Putri Hafisyah Via Google Maps

8 Tempat Berburu Takjil di Jogja, Dijamin Murah dan Enak – Bingung cari tempat berburu takjil di Jogja? Sini deh! D’paragon bakal kasih tahu kamu dimana aja spot-spot penjual takjil mulai dari makanan dan minuman yang harganya murah meriah tapi rasanya mantap untuk menu buka puasa.

Berburu takjil emang salah satu kegiatan yang paling dirindukan pada saat Bulan Ramadhan. Kalau udah memasuki Ramadhan, bisanya aka nada pasar dadakan yang menjual berbagai makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Gak jarang pula, mereka menjual makanan khas yang cuma bisa ditemui saat bulan puasa.

Berburu takjil juga bisa jadi salah satu alternatif untuk para anak kost yang gak mau ribet mengolah makanannya sendiri atau para traveller yang lagi hunting kuliner Ramadhan. Nah, buat anak kost atau pelancong yang lagi di Jogja, gak perlu bingung karena kota ini punya banyak spot-spot penjual takjil di Bulan Ramadhan.

Berikut adalah 8 Tempat Berburu Takjil di Jogja

Simak sampai akhir ya! 8 Tempat Berburu Takjil di Jogja ini dijamin bikin kamu gak sabar mencari makanan dan minuman yang enak, unik dan murah di Jogja.

Pasar Kauman

Menurut cerita yang beredar pasar kauman adalah pelopor dari pasar dadakan Ramadhan yang ada di Jogja. Pasar Ramadhan ini udah ada sekitar tahun 1990-an. Dulunya Cuma warga sekitar aja yang jualan di sini, tapi sekarang penjualnya udah makin banyak dan pengunjungnya pun dari mana-mana.

Jalur Gaza

Tenang! Ini adalah Jalur Gaza Jogja yang terletak di Jalan Sorogenen dan dijamin aman. Jalur Gaza adalah singkatan dari Jajan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zebra. Yup, Saat Bulan Ramadhan, jalur ini selalu jadi incaran masyarakat Jogja berburu takjil untuk berbuka puasa. 

Oh ya, kalo kesini, hati-hati ya!. Soalnya kamu bakal kebingungan untuk memilih aneka ragam makanan dan minuman yang menggoda. Soal harga? Jangan khawatir deh! Udah pasti ramah kantong.

Kampung Ramadhan Jogokariyan

Pasar Ramadhan dadakan di Jalan Jogokaryan ini udah ada sejak tahun 2005. Setiap bulan puasa, pasar ini dipenuhi kurang lebih sebanyak 300 pedagang yang siap melayani para pembeli takjil. Udah bisa kebayang kan, gimana serunya pasar ini jadi spot berburu takjil. 

Pasar Ramadhan Pakualam

Sejak tahun 2015, Pasar Ramadhan ini resmi berganti nama menjadi Gajah Mada Ramadhan Festival. Uniknya, penjual di pasar alam gak cuma dari kalangan masyarakat aja tapi juga dari mahasiswa yang memanfaatkan momen ini ikut menjual takjil. Jalur sepanjang 200 meter ini menawarkan aneka makanan tradisional, makanan kekinian, takjil khas Ramadhan dan gak ketinggalan juga yaitu aneka minuman yang menyegarkan.

Lembah UGM

Nah kalau sudah memasuki waktu sore pada saat bulan puasa, lokasi yang berada di kawasan kampus UGM ini berubah menjadi pasar Ramadhan dadakan. Saat menjelang waktu buka puasa, para pemburu takjil berbondong-bondong ke pasar ini. Disini, kamu akan menemukan aneka makanan enak dan murah juga loh.

Pasar Kotagede

Bukan cuma di pagi hari, pasar yang berada di Kawasan Kotagede ini juga ramai pedagang saat sore hari selama Ramadhan. Kamu bisa menemukan aneka takjil, mulai dari es buah, roti bakar, gandos angin, dan lainnya. Bukan Cuma magrib aja, Pasar Kotagede juga buka saat waktu sahur loh.

Pasar Bantul

Buat yang berada di wilayah Jogja Selatan, kamu bisa pilih Pilih Pasar Bantul sebagai target memburu takjil khas Ramadhan. Mulai dari pukul 15.30 WIB, pasar ini udah ramai didatangi masyarakat yang ingin membeli makanan untuk buka puasa.

Sama seperti Pasar Kotagede, pasar ini juga tetap buka pada saat sahur loh. Nah, ini bisa jadi alternatif kamu yang juga gak mau ribet untuk mencari makanan sahur.

Pasar Seturan

Pecinta jajanan tradisional wajib deh datang kesini, soalnya pasar seturan adalah surganya jajanan pasar. Mau arem-arem, risol, pastel, lumpia, mochi, kue lapis, wajik, kue putu dan aneka takjil lainnya siap jadi sasaran menu buka puasa kamu. Aneka minuman yang  menyegarkan juga ada banyak disini.

Letaknya tepat berada di depan bengkel Yamaha di sebelah utara terdapat Superindo Seturan-Babarsari. Kalau kesini, dijamin deh kamu bakal bingung. Hati-hati ya! Nanti dompetmu bisa bocor.

Baca Juga: Wisata Kuliner Murah di Jogja 2021, Dijamin Enak!

Penutup

8 tempat berburu takjil di Jogja ini dijamin gak bikin kamu menyesal deh. Malah bisa jadi kamu kalap karena bingung mau pilih mana yang akan jadi takjil menu buka puasa  karena semuanya enak dan murah.

Eh, sama seperti pasar Ramadhan diatas, D’paragon juga punya yang murah-murah. Apa Itu? Ya udah pasti hunian untuk para anak kost atau traveller yang lagi mampir di Jogja dong. Kamu bisa sewa tempat tinggal untuk harian, bulanan, atau tahunan. Plusnya lagi, akan ada potongan harga sampai dengan 70% buat kamu yang reservasi via aplikasi D’paragon. Yuk nginep di D’paragon.

Leave a Reply