Makanan khas Jogja selain gudeg merupakan hal yang banyak wisatawan buru saat berkunjung ke Yogyakarta. Apalagi Kota Jogja yang terkenal sebagai rajanya kuliner. Karena kalian dapat menikmati ratusan jenis makanan.

Kota Jogja memang terkenal dengan makanan ciri khas gudeg. Namun ternyata tidak hanya gudeg saja yang menjadi ciri khas makanannya. Ada banyak makanan selain gudeg yang juga menjadi ciri khas dari kota tersebut.

4 Rekomendasi Makanan Khas Jogja Selain Gudeg Yang Wajib Di Coba
unsplash.com

Rekomendasi Makanan Khas Jogja Selain Gudeg

Gudeg sudah menjadi salah satu makanan yang menjadi ciri khas dari Kota Yogyakarta. Karena rasanya yang enak, membuat para wisatawan ingin mencobanya. Namun Jogja tidak hanya menyediakan 1 jenis makanan khas. Kota Yogyakarta memiliki berbagai macam makanan khas. Untuk kalian yang belum tahu. Bisa simak penjelasan makanan khas Jogja berikut ini.

1. Bakmi Shibitsu

Wisatawan jika berkunjung ke Jogja wajib untuk menikmati makanan bakmi shibitsu. Karena makanan tersebut sudah berdiri selama 25 tahun yang lalu. Karena rasanya yang enak, sampai sekarang kedai bakmi shibitsu selalu ramai. Lokasi untuk kedai bakmi ini sendiri ada di Jalan Raya Bantul No. 106. Mie dari bakmi shibitsu sendiri memiliki 2 varian yaitu bihun atau mie kuning.

2. Gatot

Kalian yang akan berkunjung ke Jogja wajib untuk menikmati makanan yang namanya gatot. Makanan ini memiliki warna yang unik yaitu seperti muncul jamur dengan warna yang kehitaman. Hal tersebut terjadi karena proses dari makanan tersebut melalui fermentasi. Makanan ini bisa kalian jumpai di setiap objek wisata Jogja. Rasa dari makanan ini juga manis dan legit. Gatot berasal dari bahan dasar ketela ya.

3. Mie Lethek

Selanjutnya kalian juga dapat mencoba makanan khas Jogja yang bernama mie lethek. Makanan tersebut adalah mie yang masyarakat Bantul produksi. Untuk lebih jelasnya ada di daerah Srandakan. Olahan dari mie tersebut bisa sesuai dengan selera kalian. Kalian dapat memilih ingin yang goreng atau rebus. Karena mie ini memiliki 2 varian tersebut ya. Makanan ini juga tidak menggunakan bahan kimia maupun pewarna makanan. Jadi aman jika dikonsumsi.

4. Jadah Dan Tempe

Salah satu makanan dari Jogja yaitu jadah dan tempe. Wisatawan yang berkunjung wajib untuk menikmati makanan ini. Karena makanan tersebut termasuk khas Jogja. Makanan tersebut juga berasal dari Kabupaten Sleman Yogyakarta. Untuk jadah, makanan ini terbuat dari bahan dasar ketan. Serta untuk tempenya sendiri biasanya dibacem.

Itulah beberapa kumpulan untuk makanan khas Jogja selain gudeg. Kalian dapat menikmatinya saat berkunjung kesana. Harga dari makanan berikut pun sangat terjangkau dan mudah untuk didapatkan lho.

Jangan lupa kunjungi Dparagon untuk reservasi penginapan terbaik serta unduh aplikasinya hanya di Appstore atau Playstore.