Siapa yang tidak kenal dengan es pisang ijo? Cara membuat es pisang ijo ini juga mudah. Jajanan ini sangat populer bahkan hingga ke berbagai kota di Indonesia lho. Sesuai dengan namanya jajanan ini terdiri dari es dengan pisang yang terbalut adonan warna hijau. Ditambah dengan bubur sumsum, kuah santan dan sirup.

Rasa bubur yang lembut, pisang yang legit ditambah sirup apalagi dengan dinginnya es membuat jajanan ini disukai banyak orang. Sekali mencicipi kamu pasti akan langsung ketagihan.

es pisang ijo
pixabay.com

Cara Membuat Es Pisang Ijo Anti Gagal

Untuk kamu yang penasaran dan ingin membuat jajanan ini sendiri di rumah kamu bisa mengikuti resep di bawah ini.

Bahan

200 gram tepung beras dan 1 sdm tepung kanji

50 gram gula pasir

400 ml santan cair

2 sdm air daun suji

6 buah pisang kepok atau tanduk maupun raja, kupas kulitnya

1/2 sdt garam

1 lembar daun pandan

Santan matang

Sirup merah pisang ambon

Es Batu

Proses Pembuatan

Cara membuat es pisang ijo yang pertama adalah taruh tepung beras, tepung kanji, gula, air daun suji pandan dan santan lalu aduk sampai merata. Setelah itu masak dengan api kecil, aduk hingga adonan matang. Kemudian angkat dan tiriskan.

Ambil 2-3 sdm adonan lalu letakkan di atas selembar daun pisang atau plastik yang tebal. Baluri pisang dengan adonan tersebut hingga merata, buat beberapa. Setelah itu kukus selama 30 menit. Jika sudah, angkat dan dinginkan.

Untuk membuat bubur, masak tepung beras, santan, pandan dan garam dalam panci dengan api kecil sambil di aduk-aduk. Jika sudah matang angkat dan tiriskan.

Untuk penyajiannya potong pisang lalu letakkan di atas mangkuk, beri bubur, santan, sirup dan es batu.

Itulah cara membuat es pisang ijo. Untuk mendapatkan info lebih banyak lagi kamu bisa mengunjungi web Dparagon atau mengunduh aplikasinya di Playstore atau APPstore.