Pastinya masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan nasi kuning Banjarmasin ini, nasi yang dimasak menggunakan kunyit ini bahkan menjadi favorit semua orang. Olahan nasi berwarna kuning ini sebenarnya banyak dijumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia, namun setiap daerah tentu memiliki perbedaan dalam pengolahannya.

Seperti halnya nasi kuning yang berada di Banjarmasin ini tidak akan sama dengan nasi kuning yang berada di Pulau Jawa. Hal ini karena mulai dari lauk pendamping hingga bumbu dan bahan yang digunakan pun sangat berbeda.

Di Banjarmasin sendiri umumnya menu ini akan disajikan dengan lauk pendamping berupa ayam masak habang. Lauk ini terbuat dari ayam yang dibumbui dengan cabai merah, selain itu juga terdapat lauk pendamping seperti mie dan bawang goreng.

Nasi Kuning Banjarmasin, Wajib Anda Coba Saat Berkunjung Ke Kota Ini
kopisusu.id

Resep Nasi Kuning Banjarmasin

Pengolahan nasi khas Banjarmasin ini tidak menggunakan daun jeruk sebagai bumbu rempahnya. Selain itu beras yang digunakan pun berbeda, karena menggunakan beras khas Banjarmasin yaitu beras Siam.

Berbeda dengan nasi kuning Jawa yang dalam pengolahannya menggunakan daun jeruk sebagai pelengkap, selain itu biasanya juga menggunakan beras pada umumnya. Perbedaan penggunaan beras ini nantinya akan mempengaruhi tingkat kepulenan nasi kuning khas Banjarmasin dengan nasi kuning Jawa.

Selain itu biasanya nasi kuning ini terkenal dengan sambal merah yang pedas dan lauk pelebgkap ayam masak habangnya. Nah bagi Anda yang ingin mencoba kuliner khas Banjarmasin Anda bisa membuatnya sesuai resep di bawah ini.

Bahan Yang Perlu Dipersiapkan

Bahan:

  1. Beras biasa/Siam
  2. Bumbu Instan Nasi Kuning
  3. Santan Kara secukupnya
  4. 5 siung bawang putih
  5. 5 siung bawang merah
  6. 1 ruas sereh
  7. ½ sdt garam

Cara Membuat:

  1. Sebelumnya haluskan bawang merah dan bawang putih lalu sisihkan.
  2. Cuci beras hingga bersih lalu masukan ke rice cooker beserta semua bahan halus, rempah, dan santan kara secukupnya.
  3. Tunggu hingga nasi telah matang dan sajikan beserta lauk pendamping lainnya.

Dengan tips dan cara membuat nasi kuning Banjarmasin tersebut, Anda dapat mencontoh dan membuatnya sendiri di rumah. Saat Anda tiba-tiba merindukan menu khas kota Banjarmasin ini. Kunjungi web Dparagon untuk memperoleh informasi menarik lain atau melakukan reservasi penginapan. Dapatkan aplikasinya dengan mengunduh di Playstore maupun Appstore.