Cara menghitung keuntungan bisnis penting Anda ketahui untuk meningkatkan performa bisnis secara efektif. Keuntungan merupakan hal yang diinginkan setiap pelaku usaha. Sedangkan profit merupakan suatu keuntungan yang didapatkan dari hasil penjualan bersih suatu bisnis atau perusahaan.

Lalu bagaimana menghitung keuntungan secara tepat? Mari pelajari terlebih dahulu.

Cara Menghitung Keuntungan
Pinterest.com

Inilah Cara Menghitung Keuntungan Usaha atau Profit Perusahaan

Pada dasarnya Anda harus membagi-bagi profit ke dalam kategori agar bisa memudahkan dalam pembukuan. Umumnya pembagian keuntungan menjadi laba operasi, laba kotor dan laba bersih.

Identifikasi Biaya produksi

Langkah pertama adalah mengidentifikasi item biaya produksi. Yakni menghitung catatan biaya dari tiap alur selama terjadi proses produksi. Seperti biaya tetap dan Variabel. Berupa biaya gaji karyawan, biaya penyusutan dan biaya sewa gedung.

Menyusun Laba Rugi

Selanjutnya adalah menyusun laporan laba rugi. Pada tahap ini adalah menyajikan sumber pendapatan dan beban pada perusahaan dagang selama periode akuntansi.

Dengan rumus laba bersih adalah laba kotor dikurangi beban usaha. Tujuannya adalah menetapkan berapa harga jual nantinya kepada konsumen.

Hitung HPP

Tahap ketiga adalah menghitung harga pokok penjualan. Yaitu mengacu pada harga pokok penjualan keseluruhan biaya yang keluar. Terutama untuk mendapatkan barang yang di jual atau harga dari barang yang jualan tersebut.

Rumusnya adalah bahan baku yang terpakai + Total produksi ( BTKL + Overhead pabrik ) + Saldo akhir persediaan (saldo awal persediaan – saldo akhir persediaan). Selain itu harga pokok penjualan adalah hasil penghitungan semua biaya yang keluar dalam proses produksi hingga ke gudang atau menjadi status persediaan.

Hitung Persediaan Akhir

Tahap keempat adalah menghitung persediaan awal dan akhir. Yakni saldo awal periode tersebut sama dengan saldo akhir periode sebelumnya.

Hitung Penjualan Bersih

Anda bisa melihatnya di neraca, sementara per jenis bahan baku bisa Anda lihat pada buku persediaan dan kartu stok. Kemudian menghitung penjualan bersih.

Caranya hasil penjualan kotor sesudah dikurangi dengan banyak potongan dan pengurangan lainnya, yakni total pendapatan penjualan dikurangi faktor-faktor pengurang, antara lain retur, komisi dan diskon.

Cara menghitung keuntungan dan mendapatkan berupa voucher gratis dan informasi lainnya, Anda dapat mengunduh aplikasi Dparagon melalui Playstore dan Appstore.