Kota Surabaya tak hanya terdiri dari bangunan-bangunan beton. Apabila Anda melipir menuju pantai timur dari pusat Kota Surabaya, Anda akan mendapati sebuah objek wisata menarik yang bernama Ekowisata Mangrove Wonorejo.

Dengan lokasi yang tidak terlampau jauh dari pusat kota, tepatnya yakni berada di Jalan Raya Wonorejo Rungkut. Sehingga, membuat lokasi objek ekowisata mangrove tersebut dapat dengan mudah Anda akses dari berbagai penjuru kota.

Ekowisata Mangrove Wonorejo
youtube.com

Mengenal Ekowisata Mangrove Wonorejo

Ekowisata ini mempunyai area dengan luas lebih dari 800 hektar. Di dalam wilayah tersebut didirikan sejumlah fasilitas yang berfungsi sebagai penunjang wisata. Fasilitas tersebut seperti pendopo, kantin, kolam pancing, bahkan sampai sewa perahu yang dapat Anda pakai untuk menjelajahi rawa mangrove.

Selain memakai perahu, hutan tersebut juga dapat Anda eksplor dengan jogging track yang telah disediakan dari pihak pengelola.

Jogging track Ekowisata Mangrove Wonorejo memiliki panjang kurang lebih 2 kilometer. Sepanjang perjalanannya, wisatawan akan disuguhi dengan panorama tanaman mangrove pada sisi kanan maupun kirinya.

Situasi tersebut menjadi begitu eksotis dengan adanya kicauan burung yang sering terdengar dari ranting pohon. Tak hanya itu, sesekali Anda juga dapat menyaksikan kepiting rawa pada akar mangrove yang merupakan habitat dari hewan bercapit tersebut.

Mangrove Wonorejo, Objek Ekowisata Unggulan di Surabaya

Nama latin dari Mangrove Wonorejo yaitu Avicennia Alba Blume. Memiliki bentuk seperti pohon perdu dengan susunan daun tunggal.

Daun mangrove mempunyai bentuk panjang nan ramping, dengan ujung runcing sepanjang 10 hingga 18 cm. Pada bagian bawah daun berwarna putih kelabu serta memiliki kandungan kelenjar garam.

Tak hanya terdapat di Wonorejo, di sepanjang pantai timur Surabaya juga ditumbuhi mangrove jenis ini. Misalnya di area Medokan Ayu, Gunung Anyar Tambak, dan juga kawasan Keputih.

Menjadi salah satu objek ekowisata unggulan yang berada pada wilayah Surabaya, Mangrove Wonorejo ini sering didatangi oleh banyak pengunjung, baik lokal maupun mancanegara.

Daya tarik Ekowisata Mangrove Wonorejo, selain menjadi habitat asli untuk sekawanan burung langka khas Jawa Timur adalah hutan mangrovenya yang sangat eksotis. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan mengapa objek ekowisata tersebut pantas Anda kunjungi.

Nah, bagi Anda yang sedang berlibur ke Surabaya dan membutuhkan informasi mengenai penginapan, Anda dapat menghubungi Dparagon. Anda bisa reservasi melalui websitenya di dparagon.com . Selain itu, Anda juga dapat mengunduh aplikasinya melalui App Store maupun Play Store.