Gangan Paliat Banjarmasin merupakan salah satu kuliner dan makanan khas dari Banjarmasin yang cukup populer. Bagi Anda penikmat masakan gurih, memilih makanan ini adalah paling cocok. Kuliner dengan khas santan kental yang menjanjikan kelezatan dan memberikan sensasi kuliner menggugah selera.

Aroma dari makanan ini sungguh menggoda. Perpaduan campuran santan serta kunyit didalamnya memiliki citarasa yang menakjubkan. Bagi Anda yang berkunjung ke Banjarmasin maka Anda wajib mencobanya.

Gangan Paliat Banjarmasin
banjarbaruklik.com

Keistimewaan Gangan Paliat Banjarmasin Membuat Ketagihan

Masakan khas Banjarmasin ini menyuguhkan citarasa berbeda. Umumnya disajikan dengan sayur daun singkong dan nasi putih hangat dan sayuran pelengkap lainnya. Secara sekilas tampilan dari Gangan Paliat ini mirip dengan opor. Bedanya hanya pada kuah yang lebih gurih juga kental.

Isian Gangan Paliat terdiri dari bahan utama ikan Baung. Namun seiring berjalan waktu, bahan utama tersebut sering diganti dengan ikan tauman, ikan gabus dan udang. Dalam satu mangkok Gangan Paliat terdiri dari santan kelapa kental dan udang atau ikan tauman. Pewarna yang digunakan berasal dari kunyit dan terlihat alami.

Asal Gangan Paliat

Nama Paliat berasal dari Desa Paliat Kecamatan Kelua. Makanan tersebut terbuat dari santan kental dengan kunyit, jahe, jeruk purut dan bawang merah membuat rasanya segar. Maka dari itu disebut dengan Gangan Paliat.

Gangan Paliat dapat Anda temukan di Pasar Kelua pada hari Kamis, Pasar Mabuun setiap hari Sabtu, Pasar Tanjung dan pasar lainnya. Gangan Paliat ini tak hanya terkenal di Kelua atau Tanjung saja melainkan terkenal hingga luar daerah yakni Paringin, Amuntai, Barabai dan lainnya.

Pemilik warung Gangan Paliat umumnya warga desa Paliat. Hanya saja untuk mencari makanan tersebut tidak perlu datang ke desa Paliat. Sekarang ini sudah banyak yang menjual masakan tersebut bahkan sudah menyebar pada Kabupaten Tetangga. Gangan Paliat Banjarmasin menjadi kuliner terlezat dan populer.

Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Dparagon untuk melakukan reservasi hotel atau penginapan dengan cara yang mudah. Dapatkan aplikasinya hanya di Playstore atau Appstore.