Siapa yang tidak menyukai sajian olahan seafood yang berbahan dasar cumi. Hanya saja tidak semua orang memiliki keterampilan cara masak cumi yang tepat.

Cara Masak Cumi
pinterest.com

Cara Masak Cumi yang Lezat, Empuk, dan Tidak Amis

Teknik mengolah cumi terkadang memang agak tricky. Anda membutuhkan teknik khusus untuk mengolahnya sehingga menghasilkan cumi yang empuk, tanpa bau amis, dan pastinya sedap disantap. Nah, berikut adalah cara memasak agar hasil olahan cumi nanti sesuai ekspektasi Anda.

Pilih Bahan

Bukan hanya cara masak dan mengolah cumi. Pemilihan cumi yang masih fresh sangat mempengaruhi hasil olahan Anda nantinya. Pastikan Anda memilih cumi dengan melihat warna, tekstur, dan aromanya.

Ciri-ciri cumi yang masih segar antara lain mata bening, tubuh berwarna putih tidak kemerah-merahan, serta aroma amisnya masih wajar atau tidak menyengat.

Cuci Sampai Bersih

Saat proses mencuci, usahakan sampai bersih. Rendam dan cucilah cumi hingga kesat. Bagian yang paling menentukan amisnya cumi terletak pada kantung tintanya.

Hati-hati saat mencucinya jangan sampai robek atau pecah. Bila tidak suka, lebih baik buang saja bagian tersebut. Kupas kulit arinya karena bau amis berlebih juga berasal dari bagian ini.

Lumuri dengan Bahan Penghilang Bau

Anda bisa menggunakan jeruk nipis, parutan jahe, cuka, lemon, atau asam jawa untuk menghilangkan bau amis pada cumi. Cara masak daging cumi setelah dicuci bersih, yakni rendamlah dengan menggunakan salah satu bahan yang telah disebutkan di atas selama 10 menit. Kemudian bilas hingga bersih dan potong cumi sesuai selera.

Memasak Kurang dari 3 Menit

Daging cumi akan bertekstur keras dan alot karena waktu memasak yang cukup lama. Olahan cumi dengan cara masak digoreng, ditumis, atau direbus, usahakan kurang dari 3 menit saja.

Rebus Dulu

Jika ingin bau amis cumi benar-benar hilang, ada baiknya Anda merebusnya terlebih dahulu selama 1 hingga 2 menit sebelum memasaknya. Jangan lupa tambahkan daun salam atau lengkuas.

Jika sudah mengetahui bagaimana cara masak cumi agar empuk dan tidak amis, Anda bisa mendapatkan aneka resep mengolahnya di referensi lain. Namun jika Anda menghendaki hunian sementara yang nyaman, eksklusif, dan berprivasi tinggi dalam bentuk kamar sewa, d’paragon adalah solusinya. Unduh aplikasi dparagon.com melalui Appstore atau Playstore untuk memperoleh konsep hunian “Stay with Style”.