Mungkin masih jarang yang tahu tentang PMDK, nah untuk itu sebaiknya Anda kenali PMDK serta syaratnya terlebih dahulu. PMDK sendiri merupakan seleksi dalam penelusuran minat serta kemampuan Politeknik Negeri se-Indonesia yang setiap tahun dilaksanakan.

Kenali PMDK Serta Apa Saja Syaratnya Berikut Ini
pixabay.com

Kenali PMDK Serta Syaratnya Berikut

Jalur seleksi ini menjadi kesempatan bagi mereka terutama bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dan bisa diikuti bagi mereka yang berprestasi. Keuntungan dari bersekolah di Poltek Negeri adalah mendapatkan ijazah negeri serta kemampuan untuk siap bekerja.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi saat ingin mendaftar PMDK ini salah satunya harus menyesuaikan dengan bidang pendidikan. Selain itu berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti PMDK.

Pastikan Sekolah Terdaftar PMDK

Syarat pertama yang wajib dipenuhi adalah sekolah terdaftar PMDK terlebih dahulu, jika sekolah belum terdaftar maka sebaiknya segera daftarkan pada https://pmdk.politeknik.or.id/daftar/sekolah/ceknpsn. Biasanya bagi sekolah yang sudah terdaftar akan mendapat undangan khusus dari panitia untuk melakukan login pada situs resmi https://pmdk.politeknik.Or.id/daftar/sekolah.

Pendaftaran Siswa yang Mendapatkan Rekomendasi PMDK

Syarat bagi siswa yang sudah mendapatkan rekomendasi PMDK maka siswa tersebut bisa langsung login pada situs resmi https://pmdk.politeknik.or.id/daftar/siswa. Siswa akan diminta untuk mengisi data profil serta nilai rapor pada semester 1 sampai 5, Anda juga bisa melampirkan prestasi yang pernah didapat.

Melengkapi Berkas Finalisasi Peserta Bidikmisi PMDK

Bagi peserta bidik misi maka perlu melampirkan berkas finalisasi yang terdapat pada formulir pendaftaran. Nah, bagi siswa yang tidak mendapat beasiswa bidikmisi dari sekolah maka bisa mendaftar sendiri melalui situs resmi bidikmisi.

Mempersiapkan Berkas

Kenali PMDK yang harus dipenuhi dalam melengkapi berkas yang diperlukan, dimulai dari tahap awal hingga tahap akhir. seperti bukti pendaftaran, fotocopy raport dari semester satu hingga lima, fotokopi akte kelahiran, fotokopi sertifikat prestasi surat keterangan lain, dan syarat tambahan.

Bagi peserta bidikmisi biasanya ada persyaratan tambahan yaitu mengirim berkas persyaratan PMDK-PN serta satu berkas sesuai format bidikmisi. Setelah itu barulah pihak sekolah mengirimkan berkas pendaftaran serta kenali PMDK serta syaratnya terlebih dahulu sebelum melakukan pengiriman ke alamat Politeknik yang menjadi pilihan siswa.

Informasi tambahan, kost eksklusif sudah mulai tersebar di kota-kota Indonesia. Dparagon.com tentunya masih menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Download aplikasinya di Playstore maupun Appstore dan reservasi segera.