Komunitas Jogja
Foto Diambil Dari Leah Kelley Via Pexel

Komunitas Jogja: Anak Kost Jogja, Ini Seru Loh! – Kamu sebagai anak perantauan udah tahu belum kalau ternyata Yogyakarta punya beberapa komunitas seru yang bisa menunjang kegiatan dan ide kreatif khususnya anak-anak muda.

Bergabung di komunitas bisa dapat banyak manfaat loh, misalnya kamu jadi punya lebih banyak teman, mengembangkan hobi, punya kesempatan belajar dalam tim, menemukan inspirasi baru, melatih bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik.

Menarik bukan? Daripada kamu bingung sendirian di kost, lebih baik gabung di komunitas yang sesuai dengan diri kamu.

Eh, ngomong-ngomong tentang kost, kamu bisa dapetin tempat tinggal nyaman dan eksklusif tapi dengan budget yang gak bikin dompet kamu menangis. Kunjungi D’paragon atau kepoin instagramnya karena ada banyak penawaran yang bikin kamu ngiler.

Ada Komunitas Jogja Apa aja Ya? 

Pada dasarnya komunitas ada berbagai macam jenisnya, yaitu berdasarkan minat, komuni dan lingkungan. Komunitas minat adalah gabungan orang-orang yang memiliki kesamaan hobi. Komunitas komuni yaitu sekelompok orang yang peduli atas kepentingan masyarakat. Sedangkan komunitas lingkungan adalah sebuah kelompok yang cinta dan peduli dengan alam sekitar.

Nah, di bawah ini adalah daftar komunitas Jogja yang bisa kamu ikuti:

1.    Forum Komunikasi Jogja Memotret

Untuk kamu yang suka fotografi, bisa bergabung di Forum Komunikasi Jogja Memotret atau FJKM. Anggotanya terdiri dari orang-orang yang senang dengan seni fotografi. Di dalam komunitas ini, semua anggota bisa bertukar pikiran tentang dunia fotografi. Jadi cocok banget untuk menambah pengetahuan dan memiliki banyak teman untuk berlatih meningkatkan skill memotret.

2.    Komunitas Jogja Menyala

Merupakan cabang dari Yayasan Indonesia Mengajar. Sejak berdiri pada tahun 2011, Komunitas ini aktif bergerak dalam bidang sosial pendidikan. Tujuan adalah untuk membangun minat dan meningkatkan budaya membaca, khususnya untuk anak-anak, sejak dini.

Kegiatannya adalah mengumpulkan buku dan mendistribusikannya ke daerah-daerah yang terpencil. Bukan cuma sekitar Jogja aja, Komunitas Jogja Menyala juga menyalurkan buku-buku tersebut ke wilayah terpencil di Indonesia.

3.    Jogja Mural

Didirikan oleh sekelompok seniman mural pada tahun 2006. Tujuanya adalah untuk menjadi wadah berbagi ilmu dalam dunia seni mural untuk wilayah Yogyakarta. Selain itu, Jogja Mural juga ingin membuat seni mural bukan hanya sebuah gambar tetapi juga bisa menjadi media pendidikan untuk masyarakat.

Jogja Mural seringkali menunjukkan hasil karyanya dengan menggambar di tembok-tembok yang ada di tepi jalan. Seperti tujuannya, setiap gambarnya memiliki pesan-pesan moral yang bisa menjadi pelajaran untuk seluruh orang yang melihatnya.

Mereka menggambar di tembok tepi jalan? Pemiliknya gak Marah? Eits, tenang dulu. Sebelum menggambar, mereka membuat perijinan dulu kok dengan pemiliknya jadi aman.

4.    Jazz Mben Senen

Berdiri sejak tahun 2009 dan dibentuk oleh dua seniman Jazz yaitu Sindunata dan Djaduk Ferianto. Anggotanya berisikan orang-orang yang sangat mencintai aliran musik jazz dan tidak pandang umur. Siapa pun yang suka dengan musik jazz atau ingin mengenalnya bisa bergabung.

Komunitas ini sering menggelar konser di Parkiran Gedung Bentara Budaya Yogyakarta. Sepertinya namanya, Mben Senen yang artinya setiap senin, Komunitas ini membuat pementasan setiap hari senin. 

Yuk gabung! Dari pada kamu nyanyi-nyanyi atau bermain musik sendiri di kamar kost, mending gabung komunitas ini agar skill kamu dalam di dunia musik bisa meningkat.

5.    Jogja Berkebun

Siapa yang hobi berkebun? Komunitas ini sih cocok banget buat kamu yang suka menanam tanaman atau yang ingin belajar bagaimana cara menanam yang baik.

Jogja berkebun memiliki anggota yang mayoritas anak muda yang tertarik dengan dunia tanam-menanam. Meskipun begitu, komunitas ini juga terbuka untuk semua kalangan dan umur.

Komunitas ini memiliki misi untuk memanfaatkan lahan yang tidak terpakai untuk berkebun. Tak jarang pula mereka memberikan saran bagaimana memaksimalkan tempat untuk menanam meskipun lahan sempit. 

Nah, pelajaran yang kamu dapatkan dari komunitas ini bisa jadi bisa jadi bekal buat kamu yang ingin menanam di kost dengan ruang yang tidak terlalu luas.

6.    Bejo (Beatbox Jogja)

Komunitas Beatbox Jogja sudah berdiri sejak 2009. Bukan Cuma tempat berkumpul aja, komunitas ini jadi tempat untuk anak muda yang mau berlatih dan meningkatkan skill beatbox. Uniknya lagi, para anggota juga memiliki kesempatan untuk mengikuti ajang kompetisi. Wah, kalau menang sih, ini lumayan banget buat anak perantauan menambah pundi-pundi cuan.

Wahai anak kos? Tertarik kah kamu dengan Bejo? Kalau kamu memang tertarik dengan musik beatbox, bergabung di Bejo bisa buat kamu punya kesempatan bertemu orang-orang yang sudah professional.

7.    Teater Garasi

Komunitas teater ini sudah berdiri lama. Awalnya, sejak tahun 1993, Teater Garasi merupakan bagian komunitas teater kampus UGM. Namun pada tahun 2001, komunitas ini memisahkah sendiri dan berdiri secara mandiri. Pada tahun 2013, Teater Garasi mendapatkan anugrah Prince Clause dan masih di tahun yang sama juga teater ini memiliki nama lain yaituGarasi Performance Institute. 

Teater Garasi dibangun sebagai tempat para pecinta seni pertunjukan teater berkumpul. Komunitas ini memiliki program-program yang bertujuan untuk menyebarkan dan bertukar pengetahuan tentang dunia seni pertunjukkan.

Anak kost Jogja beruntung banget nih, ternyata ada komunitas teater seru. Kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama dalam dunia seni teater.

Baca Juga: Sejarah Tugu Jogja: Anak Kost Jogja Wajib Tahu!

Penutup

Beberapa komunitas Jogja yang seru udah kamu ketahui. Pilihlah mana aja yang cocok untuk sesuai minat kamu. Bergabung di komunitas gak bikin kamu rugi kok, justru bikin kamu menambah pengalaman daripada cuma sendiri di kost.

Oh ya, untuk kamu yang suka travel atau ingin mencari tempat kost dengan suasana baru. D’paragon bisa bantu kamu loh. Dengan hunian eksklusif dan fasilitas lengkap,bisa jadi tempat nyaman untuk beristirahat. Kamu bisa sewa harian, mingguan atau bulanan. Untuk info lengkap, kamu bisa kunjungi website D’paragon atau instagramnya ya.

Leave a Reply