Mangut lele Magelang adalah salah satu kuliner yang wajib coba jika berkunjung ke Kota Getuk, Jawa Tengah. Kuliner berbahan ikan lele berukuran besar ini menjadi semakin terkenal setelah para wisatawan datang berkunjung dan mencicipinya. Mereka sangat menyukai cita rasa pedas dengan perpaduan rempah-rempah khas Nusantara.

Ketahui 3 Fakta Unik Mangut Lele Magelang, Pedasnya Nyetrum
youtube.com

3 Keunikan Mangut Lele Magelang

Jangan mengaku pemburu kuliner jika belum mencoba mangut Magelang yang satu ini. Lidah akan terus bergoyang saat daging ikan dan kuahnya masuk ke mulut.

Saat berkunjung ke sana, menjumpai kuliner khas ini tidaklah sulit. Banyak warung makan dan restoran menyediakan olahan ikan air tawar ini. Berikut adalah beberapa fakta unik mangut Magelang yang akan menggugah selera makan Anda.

Penyajian Menggunakan Daun Pisang

Cita rasa olahan mangut terasa lebih mantap karena penyajiannya menggunakan daun pisang yang dipincuk. Ini akan memberikan cita rasa tersendiri yang tidak ada pada kuliner khas daerah lain.

Berbahan Dasar Ikan Langka

Lele sebagai bahan dasar pembuat olahan mangut berasal dari Kali Progo, Magelang. Oleh masyarakat setempat, ikan ini dinamakan beong. Sebenarnya, kedua jenis ikan ini berbeda. Hanya saja, bentuk kepala ikan beong mirip dengan ikan lele.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah keberadaan ikan beong terancam punah. Ketersediaannya di Kali Progo pun semakin menipis.

Ekstra Pedas

Pedas adalah ciri utama rasa masakan mangut Magelang. Seperti pernyataan Bapak Ganjar Pranowo yang menggambarkan cita rasa mangut seolah “”nyetrum”, bahkan bisa mengeluarkan asap dari telinga. Ini karena olahan mangut yang super pedas.

Bagaimanapun juga mangut lele Magelang sudah menjadi primadona sejak zaman dahulu. Selain mangut, Magelang masih memiliki banyak sekali kuliner yang layak Anda coba.

Dapatkan aplikasi Dparagon dengan mengunduh melalui Playstore atau Appstore.