Pori-pori besar seperti kulit jeruk? Pasti akan menurunkan rasa percaya diri pemiliknya. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan masker alami untuk mengecilkan pori-pori yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain flek hitam, pori-pori besar juga bisa menjadi biang dan akar masalah baru, seperti penyumbatan produksi minyak yang berpotensi menimbulkan jerawat hingga penuaan dini.

Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Ini Langkahnya
unsplash.com

3 Langkah Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori

Sebagai wanita, tampil lebih muda dari usia yang sebenarnya adalah suatu kebanggaan. Akan tetapi kehadiran pori-pori besar akan memupusnya. Garis-garis keriput dan kesan kendur pada wajah akan semakin nyata terlihat apabila tidak segera diatasi.

Berikut adalah perawatan menggunakan masker alami mengecilkan pori-pori wajah yang dapat Anda lakukan di rumah.

Masker Putih Telur, Air Lemon, dan Madu

Kandungan antibakteri dari madu dan perasan lemon juga mampu membasmi kotoran, bakteri, hingga jerawat yang menginap di pori-pori wajah. Bagi pemilik kulit berminyak, memilih madu adalah solusi tepat karena mampu menyeimbangkan kadar minyak di wajah.

Cara membuat masker mengecilkan pori-pori ini juga simpel. Campurkan satu sendok madu, kocokan putih telur yang sudah berbusa, dan beberapa tetes perasan jeruk lemon. Aduk hingga adonan cukup kental dan mengeluarkan aroma yang lembut.

Kemudian oleskan merata pada wajah dengan menggunakan kuas bersih. Diamkan selama 30 menit hingga benar-benar meresap. Setelah itu bilaslah dengan sabun pencuci wajah. Sebaiknya gunakan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Masker Lidah Buaya, Timun, dan Gula Tebu

Nah, masker mengecilkan pori-pori yang satu ini aman penggunaannya pada kulit sensitif. Kandungan astringent pada timun dan lidah buaya mampu mengurangi keluarnya minyak dan menutup luka (pori-pori) secara alami.

Sementara gula tebu atau brown sugar berperan mengangkat sel kulit mati, kotoran , dan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori. Kombinasi mentimun dan lidah buaya mampu menjaga kelembaban kulit, sehingga tidak akan membuat kulit Anda kering.

Cara meraciknya adalah campur timun yang telah lumat dan halus dengan lendir lidah buaya yang langsung berasal dari daunnya. Adapun perbandingan kedua bahan tersebut adalah 50:50.

Untuk takaran gula tebu hanya menyesuaikan hingga mendapatkan tekstur mentimun dan lendir lidah buaya jadi agak berpasir atau kasar. Oleskan ke permukaan wajah dengan pijatan lembut secara merata. Bilas sampai bersih setelah Anda mendiamkannya selama 20 hingga 30 menit.

Selain menggunakan masker alami untuk mengecilkan pori-pori yang diulas di atas, istirahat cukup juga dapat membantu mengoptimalkan usaha Anda. Untuk informasi kecantikan seputar kulit wajah lebih lanjut, Anda dapat memperolehnya melalui referensi lainnya. Namun jika Anda butuh informasi seputar kost eksklusif yang berkualitas, segera kunjungi dparagon.com atau unduh aplikasinya di Appstore atau Playstore.