Memberishkan Kamar Mandi
Foto Diambil Dari Joey Via Pexel

Cara Membersihkan Kamar Mandi Kost Bikin Kinclong! – Kamu yang lagi baca artikel ini pasti lagi bingung gimana sih caranya bersihin kamar mandi biar kinclong. Tenang! Tenang! Dparagon kali ini mau membagikan Langkah dan cara membersihkan kamar mandi kost sampai bersih bersinar.

Kamar mandi yang kotor emang gak enak banget. Soalnya banyak kegiatan sehari-hari yang kamu lakuin, seperti mandi, buang air besar, dan gak jarang juga jadi tempat paling enak buat nyanyi. Kamu pasti sering kan asik sendiri bikin konser mini di dalam kamar mandi?

Nah, artikel ini bakal nunjukin kamu langkah-langkah yang tepat untuk membersihkan kamar mandi kost biar kamu nyaman saat berada di dalamnya.

Gimana Cara Membersihkan Kamar Mandi?

Sebelum memulai, pastikan waktu kamu punya waktu yang cuku sekitar 1-2 jam. Waktu ini sih tergantung luas kamar mandi dan seberapa membandelnya kotoran. Lalu Siapkan peralatan seperti sapu gagang panjang, sikat lantai, sikat wc, sikat baju, lap basah, lap kering, wiper, cairan pembersih kaca, cairan pembersih lantai, sabun cair dan tenaga.

Setelah semua siap, langsung ikutin aja cara membersihkan kamar mandi dibawah ini:

1.      Keluarkan Semua Barang-Barang Kamar Mandi

Hal pertama yang kamu lakukan adalah mengeluarkan isi barang-barangmu yang ada di kamar mandi. Keluarkan sikat gigi, odol, shampo, sabun dan lainnya kedalam sebuah wadah. Bersihkah barang-barang itu biar kotoran yang menempel hilang.

Kumpulkan baju kotor dan handukmu kedalam keranjang pakaian kotor. Masukkan baju ke tempat keranjang kotor atau plastic. Kalau kamu pakai jasa laundry, masukkan pakaian kotormu langsung ke dalam plastik dan siap untuk dibawa.

2.      Bersihkan langit-langit

Langkah kedua setelah mengeluarkan semua barang dari kamar mandi adalah membersihkan langit-langit. Langkah ini wajib dilakukan setelah mengeluarkan barang-barang. Alasannya biar benda yang ada dibagian bawah gak kotor kejatuhan debu.

Cara membersihkan langit-langit adalah dengan menggunakan sapu gagang panjang. Bersihkan bagian langit dengan sapu itu sampai setiap sudut. Jangan lupa pakai masker, biar kotorannya gak masuk ke hidung.

3.      Lap Cermin

Siapkan Lap, cairan khusus pembersih kaca dan wiper. Langkah pertama adalah basahi lap untuk menghilangkan kotoran membandel. Setelah itu semprotkan cairan khusus pembersih kaca. Lalu bersihkan kaca dengan wiper. Setelah bersih kamu jadi bisa lebih jelas melihat seberapa cantik dan ganteng wajahmu.

4.      Musnahkan Debu dan Kotoran di Rak

Basahi lap dengan air untuk menghilangkan debu atau kotoran mengering yang menempel. Usap hingga bagian dalam atau sela-sela rak. Setelah semua bagian telah dibersihkan dengan kain pertama, lalu usap lagi untuk kedua kalinya. Gunakan lap kering untuk untuk menyerap air yang menempel.

5.      Bersihkan Closet

Tuangkan sedikit demi sedikit cairan sabun khusus closet keseluruh bagian. Bersihkan bagian lubang kloset dengan sikat khusus. Lalu sikat juga bagian luar closet dengan sikat baju yang sudah tidak terpakai. Closet adalah bagian dari kamar mandi yang paling banyak bakteri. Jadi pastikan semua bagian bersih ya.

6.      Bersihkan wastafel

Siapkan, sponge, cairan pembersih dan sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk menghemat. Langkah pertama yaitu tuang sedikit demi sedikit sabun cair pembersih. Usap-usap sampai bersih bagain wastafel. Bila ada bagian yang membandel seperti kerak, gosok dengan sikat sampai bersih.

Jangan lupa pula bersihkan bagian krannya. Caranya tuangkan sedikit sabu cair kemudian sikat dengan sikat gigi agar bisa menjangkau bagia sela-sela kran

7.      Bersihkan Shower dan Bak Mandi

Cara membersihkan shower adalah dengan gosok bagian shower dengan spoge secara menyeluruh. Lalu bilas sampai dengan air. Kalau kamu rasa bagian sela-sela kran shower belum bersih, sikat bagian itu dengan sikat gigi ya.

Nah, buat kamu yang kamar mandi kost pakai bak mandi dan gayung, maka ambilah sikat baju bekas dan cairan pembersih. Sikat seluruh bagian bak mandi dan gayung sampai ke sela-sela. Lalu bilas air bersih.

Sebelum membersihkan bak dan gayung, kamu pasti melihat ada kotoran kuning yang menempel kan? Itu adalah kotoran yang dibawa oleh air. Tips biar bak dan gayung gak cepat menguning adalah dengan memasang saringan kran. Kamu bisa beli saringan di toko bangunan terdekat. Kalau mau lebih irit, pakai kain yang udah gak terpakai lalu ikat di bagian mulut kran dengan karet gelang.

Baca Juga: Cara Hemat Listrik Ala Anak Kost

8.      Sikat Dinding Keramik

Siapka sikat dan cairan pembersih. Beri sedikit demi sedikit sabun ke bagian dinding. Kemudian sikat sampai bersih. Lalu siram dengan air untuk melihat hasilnya.

Menggosok bagian dinding bakal memakan waktu yang lama kalau ruang kamar mandi kostmu besar. Jadi harap bersabar ya demi hasil yang maksimal.

9.      Sikat Kerak di Lantai

Membersihkan lantai butuh tenaga yang ekstra, soalnya kotoran atau kerak yang nempel paling bandel dibandingkan bagian kamar mandi lainya. Tapi gak masalah, kamu pasti bisa kok bersihinnya.

Langkah pertama tuangkan sedikit demi sedikit sabun cair khusu lantai. Kemudian sikat bagian lantai sampai bersih begitupun dengan sela-selanya. Setelah semua tersikat, siram lantai dengan air bersih.

Kalau cara pertama ini hasilnya kurang maksimal, kamu bisa taburkan baking soda atau cuka ke bagian yang masih kotor. Kemudian gosok pakai sikat lagi. Tunggu sekitar 5-7 menit biar kotorannya terangkat. Lalu sikat deh sampe bersih dan kemudian bilas.

10.  Pasang Pengharum Kamar Mandi

Biar gak cuma bersih aja, kamu bisa menambahkan pengharum ruangan biar gak bau. Ada dua jenis pengharum yang bisa kamu pilih, pengharum semprot atau kapur barus khusus kamar mandi. Pengharum ruangan semprot punya banyak variasinya. Kamu bisa pilih sesuai wangi yang kamu suka. Nilai minusnya, harganya mahal dan cepat habis. Kalau kapur barus, emang kamu gak bisa pilih varian harum yang kamu mau, tapi harganya terjangkau dan awet. Lumayan kan pengeluaranmu gak keluar banyak.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Ala Anak Kost

Penutup

Bersih-bersih kamar mandi kost emang bikin capek apalgi kamu harus bersihinnya sendiri, tapi kalau udah kalau kamu udah dapet hasilnya dijamin deh kamu bakal seneng dan nyaman. Kamar mandi kost yang bersih bisa meningkatkan mood loh. Jadi, jangan malam bersihkan kamar mandinya ya.

By the way, kalo kamu mau cari kost yang kamar mandinya bersih dan fasilitasnya lengkap. Coba deh cek D’paragon, disini ada banyak hunian yang bisa kamu pilih sesuai dengan yang kamu mau. Jangan lupa cek dan follow instagramnya ya.

Leave a Reply