Museum Sultan Mahmud Badaruddin II merupakan destinasi wisata sejarah Bumi Sriwijaya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Mencari tempat yang sarat akan sejarah Palembang dan Sriwijaya? Museum inilah jawabannya.

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Sarat Cerita Epos Bumi Sriwijaya
idntimes

Koleksi Bersejarah Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum sejarah terletak dekat dengan ikon utama Bumi Sriwijaya yaitu Jembatan Ampera dan Dermaga Convention Center. Kontruksi bangunannya merupakan perpaduan antara gaya Eropa dengan mengusung desain tropis Hindia. Berikut adalah koleksi dan artefak peninggalan Sriwijaya yang menarik untuk diulas.

Diorama Kapal Perang

Diorama ini merupakan ilustrasi yang menggambarkan suasana peperangan antara pasukan Kesultanan Palembang dengan VOC. Melalui diorama 3 dimensi tersebut dapat kita ketahui bahwa VOC berhasil memenangkan pertempuran dan membumihanguskan Keraton Kuto Gawang.

Batu Bertulis

Sejarah Sriwijaya banyak kita pelajari melalui penemuan prasasti atau batu bertulis. Saat mengunjungi Museum ini, Anda dapat menyaksikan sendiri keberadaan prasasti tersebut, seperti prasasti Kedukan Bukit dan Talang Tuo.

Peta Ma Huan

Seperti namanya, peta kuno ini dibuat oleh anak buah Laksamana Cheng Hu yang bernama Ma Huan. Peta tersebut mengisahkan bahwa Ma Huan telah mengikuti 3 dari 7 ekspedisi yang diadakan sang Laksamana di mana ekspedisi tersebut berangkat dari negeri Cina hingga sampai Nusantara, dalam hal ini adalah Palembang.

Silsilah Raja Palembang

Masih penasaran dengan cerita sejarah yang ada dalam museum? Anda bisa sepintas mengenal silsilah raja-raja Palembang. Silsilah tersebut menggambarkan raja yang berkuasa sejak Palembang masih berada di bawah kekuasaan Majapahit hingga berdirinya Kerajaan Palembang pada abad XV.

Lelah mengitari Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Anda dapat mampir sejenak menikmati kuliner khas Palembang ke Dermaga Convention Center. Akan lebih asyik jika berkunjung saat malam hari ini, menawarkan latar pemandangan ikonik Jembatan Ampera dan Sungai Musi.

Namun, jika Anda mencari tempat bermalam yang nyaman, dparagon solusinya. Unduh aplikasinya di Play Store atau App Store untuk melakukan reservasi.