Melakukan olahraga untuk Lansia ternyata juga harus secara rutin. Dengan tujuan supaya membantu para lansia untuk tetap bugar, bersemangat dan tetap sehat. Tetapi hal ini masih kurang disadari. Pasalnya kebanyakan lansia saat ini hanya menghabiskan waktunya untuk duduk santai dan berbaring saja. Padahal kurangnya gerak itu juga berisiko munculnya berbagai masalah kesehatan ketika orang tersebut berada di usia lanjut. Contohnya adalah nyeri sendi dan otot. Ada juga tekanan darah yang tinggi, diabetes bahkan pikun.

Olahraga untuk Lansia
antaranews.com

Beberapa Olahraga untuk Lansia

Terdapat beberapa olahraga yang bisa Anda rekomendasikan untuk para lansia. Terlebih lagi jika Anda di rumah itu mempunyai lansia. Pertama ada olahraga berjalan merupakan olahraga fisik yang paling sederhana. Tetapi jenis olahraga yang satu ini dapat membantu untuk penambah stamina, membakar kalori yang berlebihan serta menguatkan jantung. Akan lebih baik lagi jika para lansia tidak melakukannya terlalu lama ataupun terlalu jauh.

Tidak hanya berjalan santai saja tetapi juga bersepeda. Berfungsi untuk meningkatkan kekuatan tulang juga sendi serta membantu menjaga kesehatan jantung. Bukankah bersepeda itu malah akan mengkhawatirkan jika terjadi kecelakaan ataupun cedera? Untuk mencegah terjadinya hal tersebut gunakan selalu pelindung ketika bersepeda. Misalnya saja helm. Ternyata berdansa juga merupakan salah satu jenis olahraga yang direkomendasikan.

Gerakan dansa yang diiringi musik aktivitas yang sangat menyenangkan. Berenang pun juga demikian. Jenis olahraga untuk lansia ini juga merupakan pilihan terbaik. Karena dapat meningkatkan kekuatan otot serta sendi, baik untuk kesehatan jantung, paru-paru juga otak.

Pilates

Tidak hanya itu saja melainkan pilates juga merupakan olahraga lansia. Sebenarnya pilates itu merupakan salah satu bentuk latihan fisik yang umumnya dilakukan oleh anak-anak muda. Pada kenyataannya terdapat beberapa kelas pilates yang juga menyediakan program khusus untuk lansia.

Tidak boleh ketinggalan olahraga untuk lansia adalah yoga yang berfungsi melatih fokus pikiran serta pernapasan. Bukan hanya bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan fisik lansia tetapi juga baik untuk kesehatan mental mereka. Jangan lupa untuk melakukan reservasi bisa mengunjungi Dparagon, atau unduh aplikasinya hanya di PlayStore atau AppStore.