Diamb Dari Douglas Miller Via Pexels

Menjaga Kesehatan Selama Puasa Saat Pandemi, Ini Tipsnya! –  Bulan Ramadhan sebentar lagi datang tapi pandemi Covid-19 masih jadi bayang-bayang. Keadaan ini, mau gak mau, mengharuskan diri untuk tetap fit agar puasa bisa berjalan lancar dan imun tubuh stabil agar terhindar dari virus yang gak diinginkan.

Tentu kamu gak maukan hal-hal buruk terjadi? Nah, salah satu upayanya adalah dengan menerapkan cara-cara menjaga  kesehatan selama puasa saat pandemi.

Buat kamu yang masih bingung dengan cara menjaga kesahatan dengan dengan keadaan saat ini, gak perlu bingung. D’paragon mai kasih tau kamu cara menjaga kesehatan biar nyaman menjakani puasanha selama satu bulan dan badan pun fit agar imun tubuh stabil.

Apa Sih Menjaga Kesehatan Selama Puasa Saat Pandemi?

Dibawah ini adalah daftar yang kamu wajib lakukan dalam menjaga kesehatan selama puasa. Simak sampai akhirnya biar kamu makin tau apa yang harus dilakukan selama Ramadhan

Konsumsi Makan Bergizi Untuk Sahur dan Buka Puasa

Jangan melulu dengan mie instant, kamu harus banget mengkonsumsi makanan yang begizi biar asupan vitamin dan lainnya bisa memenuhi kebutuhan tubuh.

Saat buka puasa, pilih makanan yang rendah lemak, hindari makanan manis, dan punya kandungan yang imbanng antara protein, serat dan karbohidrat. Misalnya, air mineral, buah-buahan sup dan makanan sehat semua.

Pilih makakan yang tepat untuk sahur juga wajib banget biar tubuh bisa kuat menjalani rutunitas di siang hari atau saat puasa. Pilih makanan yang mengandung pati, karbihidrat tinggi. Misanya, roti gandum, nasi, yogurt, oatmeal dan sereal.

Kebutuhan Air Cukup

Saat buka dan sahur, perbanyaknya minum air putih karena ini yang dibutihkan kekebalan tubuh. Setidaknya kamu harus minum 8 gelas dalam sehari. Kalau kurang dari itu, maka dehidrasi adalah dampaknya. Kamu jadi lemas, puasa gak nyaman dan imunitas tubuh menurun.

Hindari Konsumsi Gula

Saat bikan puasa, banyak orang yang lupa dengan anjuran untuk mengurangi mengonsumsi makana manis. Kolak, es sirup, es buah dan makanan manis lainnya sering bokin orang berpuasa goyah bahkan ada yang sampai berlebihan.. padahal, mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis berlebihan bisa menyebabkan obesitas hingga diabetes.

Meskipun begitu, kamu boleh kok konsumsi makanan dan minuman manis, asalkan paham ukuran dan gak berlebihan. Jadi tubuh kamu masih bisa mengendalikannya.

Cukup Kebutuhan Air Mineral

Saat puasa, seringkali orang-orang lebih milih minuman yang manis-manis seperti kolak, sirup, es buah dan minuman yang memiliki rasa lainnya. Akhirnya lupa deh minum air putih.

Padahal, air putih adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistek kekebalan atau imunitas tubuh. Selain itu, air putih juga bisa bikin gak mudah haus.

Dehidrasi akan membuat seseorang menjadi cepat lelah dan lemas puasa. Seperti yang kita tahu, kalau badan gak fit maka status imunitas menurun dan bisa mempermudah kesempatan virus Covid-19 masuk tubuh.

Nah, paling enggak, kamu harus mengkonsumsi setidaknya sebanyak 8 gelas perhari. Kalau kamu sudah terbiasa, maka minum air putih akan terasa enak kok.

Oh ya, boleh kok minum yang manis-manis saat berbuka ataupun sahur, tapi dahulukan air putih dulu ya. Jadi kamu gak terlalu banyak minum yang manis.

Lengkapi Nutrisi Dan Multivitamin

Jangan lupa nutrisi dan multivitamin juga ya. Sesuaikan dua kebutuhan ini sesuai dengan kondisi tubuh kamu. Jadi untuk hal ini gak bisa disamaratakan.

Yang terpenting, pastika untuk tetap mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan vitamin C agar daya tahan tubuh semakin kuat. Itung-itung sih sekalin diet.

Tetap Olahraga di Kamar Kost

Biar tetep bugar, gak ada salahnya untuk tetap olahraga. Gak perlu terlalu berat. Kamu bisa workout di dalam kamar atau lari di sekitar tempat kost. Setidaknya, badan kamu bisa sedikit berkeringat dan bikin otot jadi gak kaku.

Tidur Cukup

Tidur yang cukup dapat mengurangi stres loh. Nah, saat kita mampu mengontrol stres ini dibutuhkan banget untuk menjaga kesehatan mental dan fisik saat suasana Pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Itu sebabnya, pastikan kamu tidur yang cukup ya. Pastokan pula waktu tidur kamu sebanyak 6 – 8 jam per hari.

Baca Juga: 10 Tips Hidup Hemat Ala Anak Kost, catat Ya!

Penutup

Tips Kesehatan Selama Puasa Saat Pandemi udah kamu ketahui. Lakukan dengan kosisten ya biar gak terjadi sama yang kita inginkan. Buatlah puasamu menjadi nyaman meskipun dibayang-bayangi Pandemi.

Nah, kalo urusan tempat tinggal yang nyaman, ya D’paragon Kost adalah jawabannya. Kamu bisa menyewa hunian untuk harian, bulanan dan tahunan loh. Gak perlu kepanasan keliling kota, tinggal kunjugi websitenya aja untuk pilih fasilitas hunian yang cocok buat kamu.

Sssssst, ada potongan harga gede-gedean buat kamu yang reservasi via aplikasi D’paragon. Yuk ngekost di D’paragon Kost.

Leave a Reply