Perusahaan Memilih Fresh Graduate
Foto Diambil Dari Pix Bay Via Pexel

7 alasan perusahaan memilih fresh graduate. – Anak kost, pasti diantara kalian ada yang lagi sibuk cari kerjaan tapi takut gak ada yang mau terima kamu karena belum punya penagalaman kerja? Jangan takut! Asumsi perusahaan gak mau milih fresh graduate itu banget.

Ada banyak kok perusahaan yang mau memilih fresh graduate. Mulai dari perusahaan kecil hingga yang berskala besar, gak sedikit dari mereka yang buka pintung lapang untuk para fresh graduate.

Apa Alasan Perusahaan Memilih Fresh Graduate?

Calon pekerja berpengalaman emang sering terlihat jadi musuh berat untuk mahasiswa yang baru lulus. Ibarat senior dan junior, nyali fresh graduate seketika menciut kalau harus perang melawan pekerja yang udah punya riwayat karir. Tunggu dulu! Jangan kecilkan nyalimu. Dibawah ini adalah alasan perusahaan memilih fresh graduate. Simak ya!

1.      Siap Menerima Informasi dan Pengalaman Baru

Ibarat kertas, kamu adalah kertas putih yang masih bersih dan bisa ditulis apapun oleh si pemilik. Artinya kamu dianggap bisa dibentuk sesuai dengan karakter perusahaan. Ini sih kesukaan para perusahan banget karena mereka bisa mengaplikasikan visi dan misi perusahaan dengan mudah.

Karakter fresh graduate ini yang dicari sama manajer sumber daya manusia, karena bisa mereka bisa menciptakan bakat baru dan bisa menjadi pengganti senior nanti saat mereka udah ga bekerja lagi diperusahaan.

2.      Multitasking

Selama masa kuliah kamu sadar ga sih selalu harus mengerjakan tugas yang berbeda-beda tapi dalam jarak waktu singkat dan bahkan bersamaan? Pasti kamu merasakan ini dong. Nah Perusahaan sadar akan dengan kegiatan mahasiswa dan kebiasan multitasking ini perlu kemampuanmu

Perusahaan berharap pekerja yang bergabung bisa gampang beradaptasi dengan budaya bekerja yang kadang harus mengerjakan tugas tambahan sembari menyelesaikan main job.

Siapa nih yang merasa multitasking? Biasanya sih kalau anak kost paling jago multitasking soalnya dituntut untuk bisa mengerjakan pekerjaan kuliah dan beres-beres kost.

3.      Semangat Tinggi dan Loyalitas Mantap

Anak yang baru lulus kuliah masih punya semangat yang tinggi untuk mencari tahu dan menyelesaikan pekerjaan semaksimal mungkin. Perusahaan sih suka banget sama pekerja yang rajin kaya fresh graduate ini

Loyalitas fresh graduate juga biasanya mantap banget karena ini pengalaman pertama bekerja dan mau memberikan yang terbaik buat perusahaan. Makanya mereka mencari mahasiswa yang baru lulus untuk gabung.

4.      Punya Segudang Ide kreatif

Seperti sebutannya, fresh graduate, mahasiswa yang baru saja lulus dianggap punya pemikiran yang segar, kreatif dan inovatif. Nah, dengan ide-ide kreatif dan mampu berinovasi ini lah yang akhirnya bisa menunjang perkembangan perusahaan.

Punya ide kreatif juga bisa membuat seseorang mudah menyelesaikan masalah. Ya, namanya sebuah pekerjaan pasti gak selamanya mulus dan ada beberapa kendala yang harus diselesaikan. Kemampuan berpikir kreatif ini lah yang bisa membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Baca Juga: Ide Usaha Bisnis Ala Anak Kost

5.      Mudah Berkolaborasi

Perusahaan menilai fresh graduate punya keterbukaan dengan orang baru yang baik. Sifat yang dimiliki fresh graduate ini emang paling dibutuhkan banget sama perusahaan karena pekernjanya dituntut untuk bisa bekerja dalam sebuah tim atau bertemu dengan orang baru.

Mampu berkolaborasi juga bisa memberi keuntungan untuk perusahaan, misalnya antar pekerja bisa saling tukar ide kreatif membuat project atau pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat selesai.

6.      Melek Teknologi

Anak muda sekarang udah melewati era kemajuan teknologi yang lumayan panjang. Masih inget gak kapan pertama kali kamu pakai handphone? Sebagian pasti udah lupa karena emang udah lama banget. Nah ini nih yang jadi contoh kalo anak muda sekarang rasanya udah terbiasanya banget sama kemajuan teknologi. Hasilnya anak muda sekarang lebih mudah servive untuk mengikuti arus perkembangannya.

Kebiasaan anak muda sekarang yang gampang mengikuti perkembangan teknologi ini yang jadi alasan kenapa perusahaan mau nerima. Perusahaan mengharapkan kinerja pekerjanya melek teknologi biar gak ketinggalan zaman.

7.      Menghemat Pengeluaran Perusahaan.

Gaji awal mahasiswa yang baru lulus kuliah lebih rendah dibandingkan dengan yang sudah berpengalaman. Perusahaan jadi bisa lebih hemat karena gak perlu keluar uang banyak untuk upah pekerja.

Perusahaan jug lebih mudah memberi alasan mereka bayar kamu lebih rendah dibandingkan dengan yang berpengalaman, karena belum memiliki pengetahuan yang maksimal di bidang industri, minimnya pengalaman dan belum memiliki kualitas yang diinginkan perusahaan.

Untuk anak kost yang lagi mulai gak mau mengandalkan uang kiriman orang tua tetapi belum dapat upah yang maksimal, sabar dulu ya. Kamu masih harus pintar mengatur keuangan dulu. Setelah kamu punya banyak pengalaman dan ilmu yang banyak untuk menunjang karir, gak ada yang gak mungkin untuk kamu bisa dapet rejeki yang melimpah.

Baca Juga: Tips Hemat Listrik Ala Anak Kost

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu alasan perusahaan memilih fresh graduate seperti kamu. Udah gak ada alasan untuk takut lamar kerjaan sana-sini. Ayo semangat cari kerja untuk perjalanan kehidupan yang baru

Kalau kamu mau mau kost baru, jawabannya ya ada di Dparagon. Hunian dengan gaya eksklusif dan harga murah cocok banget uang anak muda yang lagi hemat pengeluaran. Sudah, cek aja website D’paragon dan jangan lupa cek instagramnya untuk info potongan harga yang bikin kamu bengong.