Diambil dari Sapta Nugraha via Google Map

Sejarah Tugu Malang Sebagai Monumen Kemerdekaan Pertama Indonesia – Hello, Anak Millenal! Udah tahu belom kalo ternyata tugu yang berdiri di tengah-tengah alun-alun Malang ini? Kalau belum, pas banget Mimin mau certain kisah menarik yang wajib kamu tahu.

Seperti yang kita ketahui Tugu Malang merupakan ikon kota cantik ini sekaligus jadi kebanggan arek Malang. Letaknya berada tepat berada di seberang Balai Kota Malang atau di Jalan Tugu, Kiduldalem, Kec. Klojen. Tugu ini berdiri di alun-alun budar yang sangat luas nan indah dan kanan-kirinya merupakan jalanan kota yang ramai. Jadi,  gak heran kalo tugu ini juga gak asing buat para wisatawan yang datang ke Malang.

Ternyata, Tugu Malang ini gak cuma menyimpan kisah menarik untuk warga setempat aja tetapi juga seluruh warga Indonesia. Wah, ada apa nih? Biar gak penasaran, yuk kita inti pada kisa menarik apa sampai akhirnya tugu ini jadi special.

Apa Aja Sejarah Tugu Malang?

Biar baca cerita sejarah tugu malang ini nyaman. Pastikan saat ini kamu lagi dalam keadaan posisi yang enak aliawa pewe ya.

Monumen Kemerdekaan Pertama

Dalam sejarah pembangunan monument di Indonesia, Tugu Malang adalah sebuah monument pertama utuk memperungati berdirinya Indonesia. Sejarah Tugu Malang Sebagai Monumen Kemerdekaan Pertama Indonesia

Sebelum kota-kota lain punya monumen yang merepresentasikan persatuan bangsa Indonesia, Malang adalah kota pertama yang memilikinya. Itu sebabnya kenapa Tugu Malang jadi sangat sepesial. Bukan spesial untuk arek Malang aja tapi seluruh warga Indonesia.

Pembangunan monument ini dimulai pada tahun 1946. Tepat tanggal 17 Agustus, diselenggarakan acara peletakkan batu pertama sebagai tanda bahwa pembangunan tugu sudah dimulai.

Monumen ini dibangun oleh Gubernur H.Doe Arnowo. Kemudian disaksikan oleh Wali Kota Malang pada saat itu yaitu M. Sardjono.

Alasan Pembangunannya di Malang

Tentu bukan tanpa alasan kenapa monument kemerdekaan pertama di Indonesia dibangun di Malang. Faktor fisik dan faktor politik di Malang sangat mendukung bahwa kota bisa dibangun monument yang melambangkan bahwa Indonesia telah merdeka.

Secara fisik, Malang merupakan salah satu kota yang punya infrastruktur yang sudah modern seperti hotel, lapangan terbang dan stasiun kereta api. Fasilitas seperti trem dan yang menarik lainnya udah ada disini.

Secara politik, Malang juga sangat mendukung untuk didirikan monument kemerdekaan pertama.

Pada saat itu seluruh kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, dan kota-kota besar lainnya masih dikuasai oleh sekutu dan Belanda. Jadi, penguasaan kota-kota tersebut masih berada di bawah kekuasaan penjajah. Tinggal kota-kota yang ada di pedalaman seperti Jogja, Surakarta, Madiun, Kediri dan Malang.

Namun, dalam mendirikan monument sama artinya dengan membangun sebuah identitas atau kelompok. Sedangkan tugu yang akan dibangun ini bertjuan untuk merepresentasikan secara dominan bangsa Indonesia. Jadi harus diseleksi lagi kota mana yang tepat.

Jogja merupakan wilayah kesultanan dan sudah ada Tugu Jogja. Itu sebabnya tidak ada kemungkinan monument bisa dibangun di sini untuk menghormati keluaga keraton. Begitu juga dengan Solo karena merupakan sebuah daerah kasunanan. Tempat ini pun juga tidak mungkin dibangun momument. Beberapa kota lainnya juga masih dalam kekuasaan kerajaan.

Nah, pada saat itu Malang merupakan kota yang netral secara politik untuk mengekspresikan identitas bangsa Indonesia. Kemudian didorong pula dengan infrastruktur yang sudah

Baca Juga

Penutup

Sekarang kamu udah tahu kan cerita menarik dari Sejarah Tugu Malang? Jangan cuma kamu aja yang tahu tapi jangan lupa bagikan cerita ini ke teman kamu juga ya. Kalau mau tau langsung bagaimana wujud asli Tugu Malang sekaligus merasakan suasan kotanya yang sejuk dan indah, kamu bisa atur waktu liburan bareng temen, keluarga atau pacar kamu.

Untuk penginapannya, jangan lupa pesan di D’paragon Kost. Bukan cuma untuk nginep aja tapi D’paragon juga menawarkan pelayanan berupa hunian kost eksklusif buat kamu yang mau tinggal lama di Malang atau kota-kota besar di Indonesia lainya.

Gak perlu repot deh karena kamu bisa lihat dan pilih hunian sesuai dengan fasilitas yang kamu butuhkan di webisite D’paragon. Ada potongan harga special juga juga buat kamu yang mau reservasi via aplikasi D’paragon. Kalau mau tahu informasi lebih lengkapnya, follow instagramnya juga ya.

Yuk nginep dan ngekost di D’paragon aja.

Leave a Reply