Diambil dari Muhammad Raufan Gusrananda Via Google Maps

4 Kisah Mitos Alun-Alun Kidul (Alkid) Yogyakarta – Hello, Anak Millenial! Penasaran sama tentang kisah mitos yang terjadi alun-alun Kidu Jogja? Silahkan duduk dengan posisi yang nyaman karena D’paragon mau berbagi kisah yang udah melegenda ini untuk kamu.

Alkid atau Alun-Alun Kidul Jogja adalah sebuah desitinasi wisata yang seru saat berada di Jogwa mulai sore sampai malam. Pengunjung bisa wisata kuliner, keliling alkid naik kereta hias, mesangin dan lainnya. Alkid jadi selalu jadi sasaran mencari hiburan untuk warga lokal bahkan wisatawan dari luar kota.

Nah, dibalik ramainya alkid ini ternyata punya kisah mitos tersediri loh. Sebagai anak muda seperti kamu, apalagi perantau baru, wajib banget tau sebenernua cerita apa sih dengan Alkid ini.

Apa Aja 4 Kisah Mitos Alun-Alun Kidul?

Simak sampai akhir 4 mitos legenda alun-alun kidul dibawah ini biar pengetahuanmun akan budaya di Jogja makin komplit.

Pintu Gerbang Laut Selatan

Menurut cerita yang beredar di masyarakat jogja, pohon beringin kembar yang ada di tengah alkid pinya hubungan dengan laut selatan. Kedua pohon itu dianggap sebagai pintu gerbang laut selatan.

Awal mula kisah ini muncul sejak masa kepemerintahan Hamengku Buwono VI. Dalam kisahnya, penduduk lokal menyakini kalau Keraton Jogja punya hubungan dengan Nyai Roro Kidul. Seperti yang kita tahu kalau sosok perempuan ini adalah pengusa Laut Selatan.

Keyakinan ini bermula dari banyaknya orang-orang, yang mau berbuau kejahatan, pasti selalu  gagal. Selain itu, siapapun yang melewati dua pohon beringin ini maka kesaktiannya akan hilang pada saat itu.

Tempat Latihan Konsentrasi Prajurit

Dulu, alkid terkenal jadi tempat latihan para prajurit Keraton. Biasanya, Alkid jadi tempat latihan Setonan (bertangkas kuda), mahanan (memanaj sambil bersila) dan rampok harimau (adu harimau).

Nah, lahan yang ada di anatar dua beringin besar ini sering dijadikan latihan konsentrasi para prajurit Keraton. Mereka melakukan latihan ini dengam berjalan diantara dua beringin. Latihan ini disebut dengan masangin.

Oh ya, masangin akhirnya ditiru olah masyarakat umum sampai akhirnya jadi sebuah tradisi. Salah satu alasab yang bikin Alkid rame ya karena masangin ini. Ada banyak orang yang melakukan  masangin di antara dua beringin kembar.

Berhubungan Dengan Kisah Pernikahan Putri HB 1

Kisah lain yang berkembang di masyarakat adalah adanya hubungan antara beringin kembar ini dengan pernikahan putri dari Sultan Hamengku Buwono 1.

Pada saat itu putri sultan mau dipinang oleh salah seorang laki-laki. Sayangnya, putri sultan gak begitu menyukai. Dalam kisahnya sih belum diketahi siapa sebenarnya sosok yang mau meminang putri sultan.

Nah, alhasil sang putri minta satu syarat. Lelaki yang mau melamar sang putri harus bisa berjalan dari pendopo yang ada di sebelah utara Alkid, melewati beringin kembar yang ada di tengah alun-alun sampai ke pendopo di sebelah selatan Alkid. Setelah sang lelaki mencoba, hasilnya adalah gagal. Siasat sang putri ini akhirnya berhasil menggalkan kemauan laki-laki itu.

Setelah kejadian itu, Sultan HB 1 bersabda kalau siapa pun yang bisa melewati tengah-tengah beringin kembar itu, maka orang itu boleh mempersunting putrinya. Sang Sultan juga berkata kalau sosok yang bisa melewati itu hanyalah pemuda yang benar-benar punya hatu bersih dan suci.

Akhirnya, tantangan ini menangkan oleh salah seorang pemuda dari Siliwangin. Kemudian, pemuda ini lah yang akhirnya mempersunting sang putri Sultan HB 1.

Bisa Mengabulkan Keinginan

Seperti yang mimin ceritakan di atas, sampai saat ini masangin masih menjadi tradisi masyarakat umum. Ini yang membuat Alkid populer. Bukan cuma di kalawangan orang lokal aja tapi hampir di seluruh kota di Indonesia tahu. Banyak turis lokak atau domestik yang datang ke Alkdi untuk nyoba tradis masangin.

Tujuan dari masangin ini adalah barang siapa ya g bisa berjalana sambil menutup mata dan berhasil melewati antara pohon kembar ini makan keinginanya akan terwujud.

Buat kamu yang sedang ada di Jogja atau baru berencana mau datang ke kota ini. Jangan lupa untik nyoba merasakan masangin. Siapa tahu kamu adalah salah satu orang yang bisa menangin tantangan ini. Yuk cobain! Siaoa tahu juga keinginan yang sedang kamu dambakan saat ini bisa segera terwujud.

Baca Juga: Sejarah Museum Benteng Vreduburg

Penutup

Dari 4 Kisah Mitos Alun-Alun kidul ini semoga bisa menjawab rasa pensaranmu. Kalau kamu yang mau main ke Alkid, jangan lupa ajak teman atau doi juga ya biar makin seru. Nikmati segala kuliner, permainan dan fasilitas disana untuk menghilangkan penat setelah melakukan kesibukanmu.

Oh ya, buat kamu yang dari luar kota dan mau ke Jogja, jangan lupa pilih penginapannya di D’paragon ya. Bukan cuma harian aja tapi hunian D’paragon bisa kamu sewa untuk mingguan, harian, bulanan sampai tahunan. Cocok juga buat kamu yang nyari tempat kost di Jogja.

Dimana pun saat ini sekarang, kamu udah bisa survey dan reservasi lewat website D’paragon. Mau dapetin potongan harga spesial? Tinggak reservasi melalui aplikasi D’paragon. Dapetin juga informasi seputar anak kost dan menangi giveaway di Instagramnya juga ya. Yuk ngekost di D’paragon!

Leave a Reply