Diambil Dari Rozaq Kurnia Asri Via Google Map

Tempat Wisata Bersejarah di Surabaya – Hello, Anak Kost! Bingung pilih tempat wisata seru di Surabaya? Yap, Mimin sih saranin kamu untuk menjelajahi tempat bersehajar di Kota Pahlawan satu ini.

Seperti yang kita kenal kalau Surabaya merupakan sebuah kota yang punya jululan Kota Pahalawan karena ada banyak cerita sejarahnya. Salah satu yang paling terkenal sampai saat ini adalah peristiwa Pertempuran Surabaya yang puncaknya terjadi pada 10 November 1945. Tanggal ini lah yang saat ini akhirnya menjadi Hari Pahlawan bangsa Indonesia.

Selain kisah Pertempuran Surabaya, tentu masih banyak lagi cerita sejarah lainnta yang menarik dan perlu kamu ketahui. Agar mengenal sejarahnya lebih menyenangkan, gak ada salhnya datang langsung ke tempat-tempanya yang kini sudah menjadi tempat wisata dan edukasi bagi masyarakat.

Apa Saja Tempat wisata Bersejarah di Surabaya?

Bukan hanya ceritanya saja, tempat bersejarah ini juga cocok untuk kamu yang hobi dengan fotografi untuk mendapatkan gambar yang vintage dan aestethic. Untuk itu, simak sampai akhir Tempat Wisata Bersejarah di Surabaya dibawah ini ya.

Museum HOS Jtokroaminoto

Sebelum dijadikan museum, dukunya bangunan ini merupakan rumah tinggal tokoh nasional HOS Jtokroaminoto bersama dengan keluarganya. HOS Jtokroaminoto merupakan tokoh pentingbyang dikenal sebagal guru bangsa bagi hampir seluruh tokoh nasional lainnya.

Dulunya, rumah Hos Tjokroaminoto ini dulunya sering dijadikan tempat belajar, berdiskusi sampai bahkan temlat tinggal oleh para tokoh nasional seperti Alimin, Darsono, Tan Malaka, Semaoen sampai dengan Ir. Sorkano, Presiden Pertama Repbulik Indonesia.

Tepat pada tangal 27 November 2017, Wali Kota Surabaya pada saat itu, Tri Rismaharini, meresmikan rumah Hos Tjokroaminoto sebagai sebagai musuem bersejarah.

Destinasi wisata edukasi ini, mengajak para wisatawan untik melihat bagaimana kondisi dan suasana rymah yang memiliki kisah sejarah. Saat berkunjung, kamu akan disuguhkan dengan benda-benda penting, kamar tidur daj ruang tamu keluarga HOS Jtokroaminoto. Tak ketinggalan pula, kamu bisa melihat kamar tempat menginapnya Presiden Pertama R1 saat tinggal sementara di rumah ini.

Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB

Alamat: MUSEUM HOS TJOKROAMINOTO, Jl. Peneleh Gg. VII No.29-31, Peneleh, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60274

Museum Sepuluh November

Seperti namanya, museum Sepuluh November dibangun pada tanggal 10 Nevember 1991. Kemudian diresmikan oleh salah satu tokoh penting yaitu Presiden RI Ke-4, KH. Abdurrahman Wahid atau kerap disapa Gus Dur, pada 19 Februari 2000.

Bangunan musem ini cukup sangat luas, yaitu sekitar 1366 meter persegi dan memiliki kedalama 7 meter di bawah permukaan tanah. Lokasinya berada di Komplek Tugu Pahlawan.

Berkunjung ke museum ini tentunya sangat mengasikkan. Di dalamnya terdapat patung yang menggabarkan peperarangan, ada berbagai macam lukisan bergambarkan perang, senjata perang, dan masih banyak lainnya.

Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB

Alamat : Museum Sepuluh Nopember kota Surabaya, Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur 60174

Museum Surabaya

Museum Surabaya terletak di Lantai 1 Gedung Siola. Gedung ini merupakan salah satu bangunan cagar budaya di Surabaya sebagai saksi bisu perang yang terjadi pada 10 November 1945.

Museum ini menampilkan sekitar 1000 benda bersejarah Kota Surabaya dari masa ke masa. Koleksinya sangat beragam. Ada foto walikota Surabaya mulai dari masa penjajajah Belanda, Jepang sampai dengan sekarang. Ada pakaian-pakaia penting, seperti seragam para pemadam kebakaran, dari masa ke sama. Berbagai macam alat transportasi yang digunakan oleh masyarakat Surabaya pada masa itu, salah satunya seperti becak.

Oh ya, berhubung musem ini berada di Gedung Siola, yanag mana punya warna gedung yag artistik. Tentu gak ada salahnya jadi salah satu sasaran untuk kamu yang suka hunting bangunan unik untuk bahan fotografi.

Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB

Alamat : Siola Surabaya Museum, Tunjungan St No.1, Genteng, Surabaya City, East Java 60275

Baca Juga: Kisah dibaki Patung Suro dan Boyo Jadi Ikon Kota Surabaya

Penutup

Jangan lupa ajak temanmu juga untuk mengununjungi 4 Tempat Wisata Bersejarah agar perjalan kamu jadi lebih menyenangkan. Sesampainya disana, tetaplah mematuhi peraturan yang ad dengan menjalankan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan area wisata.

Nah, buat kamu kamu yang ada di luar kota dn mau jalan-jalan di Surabaya, pesan penginapannya di D’paragon ya  Bukan hanya tempat kost aja, D’paragon punya fasilitas  kamar ekslusif yang bisa kamu sewa utuk harian, mingguan dan bulanan.

Gak perlu repot, kamutinggal kunjungi website D’paragon untuk pilih fasilitas kamar yang sesuai dengan kebutuhanmu. Mau dapet potongan harga spesial? Tentu ada dong. Kamu bisa mendapataknya dengan cara reservasi melalui aplikasi D’paragon. Ikutin instagramya juga untuk dapetin informasi keuntungan lainnya dari D’paragon ya.

Yuk, ngekost dan nginep di D’paragon!

Leave a Reply