Tekwan khas Palembang merupakan kuliner kebanggaan yang memiliki citarasa kuah gurih dan segar. Makanan ini cukup digemari banyak kalangan. Tidak hanya di Palembang saja, namun seluruh lapisan masyarakat Indonesia menyukainya. Sebenarnya tekwan ini merupakan pempek Palembang versi kuah.

Karena isiannya terbuat dari bahan ikan tenggiri dan bahan lainnya dengan bumbu rahasia khas Palembang. Sehingga menjadi perpaduan yang pas dan nikmat. Jika Anda berkunjung ke Palembang, Anda wajib coba hidangan yang satu ini.

Tekwan Khas Palembang
Tekwan Khas Palembang: pinterest.com

Kelezatan Tekwan Khas Palembang Berasal dari Resep Andalan

Tekwan merupakan sup yang berisi daging tenggiri yang berpadu dengan sagu yang kemudian dipotong kecil. Tekwan berasal dari bokotek samo kawan yang berarti ngobrol dengan kawan. Hal ini mengartikan bahwa seseorang menyantap sup sambil mengobrol. Bahkan hidangan ini sering tersaji dengan makanan lain untuk makan malam.

Ciri khas tekwan menggunakan kuah kaldu jamur yang gurih. Menyajikannya dalam keadaan panas dengan sambal khusus yang membuat rasanya lebih mantap. Jika dilihat, satu porsi tekwan mirip bakso. Hanya saja bulatan tekwan terbuat dari tenggiri.

Bahan tekwan berupa ikan tenggiri, tepung sagu, air, telur, garam dan kaldu jamur. Untuk campuran hidangan tekwan berupa udang, jamur kuping, bengkuang, garam, gula, mentimun, seledri, lada bubuk, kecap asin, dan soun.

Selain itu pembuatannya terlebih dahulu adalah membuat bulatan seperti bakso berupa ikan tenggiri yang sudah halus dan campur dengan sagu dan bumbu.

Kemudian adonan jadi masukkan dalam air mendidih mirip seperti bakso. Selanjutnya adalah membuat kuah dan campuran untuk hidangan tekwan. Hal ini dengan memasukkan semua bahan dan bumbu rahasia yang membuat hidangan menjadi sedap.

Setelah matang, tekwan ini tersaji bersama sambal bakso dan taburan bawang goreng yang membuat citarasa semakin mantap. Tekwan khas Palembang ini bisa Anda santap saat panas. Untuk mendapatkan informasi kuliner dan seputar penginapan lainnya, Anda bisa melalui dparagon.com. Unduh aplikasi dparagon melalui playstore maupun appstore.