Tidak hanya populer, tempat wisata religi di Surabaya juga beragam. Surabaya memang menjadi salah satu kota terbesar yang ada di Provinsi Jawa Timur. Sama seperti kota lain di Indonesia, di kota Surabaya juga terdapat keberagaman keyakinan yang dianut oleh masyarakatnya. Terkenal sebagai salah satu kota dengan beragam destinasi wisata, siapa sangka bahwa Surabaya memiliki tempat wisata religi yang harus Anda kunjungi saat berada di kota pahlawan ini?

Tempat Wisata Religi Di Surabaya Ini Layak Untuk Anda Kunjungi
pegipegi.com

Deretan Tempat WIsata Religi Di Surabaya yang Terkenal

Banyak sekali tujuan berwisata religi saat Anda mengunjungi suatu kota. Selain dapat berziarah hingga napak tilas sejarah yang terkandung pada tempat wisata tersebut, tentu Anda akan dibawa pada tambahnya ilmu pengetahuan yang bermanfaat tentang sejarah persebaran agama yang ada di kawasan tersebut.

Berikut ini deretan tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di kota Surabaya.

Masjid Nasional AL Akbar

Lebih terkenal dengan julukan Masjid Agung, masjid yang berdiri di atas tanah seluas 11.2 hektar ini merupakan pusat dakwah agama Islam yang berada di Surabaya.  Masjid ini dapat menampung hingga 36 ribu jamaah, dengan bangunan unik dan berciri khas. Salah satu ikon masjid Agung ini adalah pada bangunannya terdapat kubah berwarna biru, dengan dikelilingi 4 kubah kecil di sekitarnya. Masjid bernuansa biru ini juga memiliki menara dengan ketinggian mencapai 99 meter.

Masjid Laksamana Cheng Ho

Laksamana Cheng Ho adalah seorang penjelajah terkenal yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Menjadi masjid dengan latar belakang sejarah yang unik, juga memiliki bangunan yang ikonik, membuat masjid ini layak untuk Anda kunjungi saat sedang berada di kota Surabaya. Bangunan yang kental dengan budaya dan nuansa Tionghoa ini sangat mirip dengan kelenteng, dan didominasi oleh warna merah, hijau, serta kuning.

Bangunan masjid ini seluruhnya bila diamati lebih jauh merupakan sebuah gambaran mengenai bagaimana sesungguhnya agama Islam itu. Pada bagian belakang masjid, juga diletakkan sebuah miniatur kapal yang memberikan gambaran tentang perjuangan Laksamana Cheng Ho pada saat itu.

Makam Sunan Ampel

Berlokasi tidak jauh dari jembatan Merah, makam Salah satu wali songo ini memang tidak pernah sepi peziarah. Terletak di sekitar kompleks masjid Agung Sunan Ampel, makam ini selalu didatangi para peziarah untuk berdoa dan berziarah.

Selain tempat wisata religi di Surabaya tersebut, tentunya masih banyak tempat-tempat religi lain di kota Surabaya yang layak Anda kunjungi. Selain dapat berswa foto, ada banyak hal yang dapat dipetik dari sejarah spiritual yang ada di setiap tempat-tempat tersebut. Dapatkan tempat penginapan terbaik hanya di website D’Paragon atau mengunduh aplikasinya melalui Playstore maupun Appstore.