Softlens menjadi incaran banyak orang terutama bagi para wanita. Hal ini karena berfungsi untuk mengatasi minus pada mata. Selain praktis digunakan, warna-warna softlens yang cantik menjadi daya tarik tersendiri bagi orang. Nah, bagi Anda pengguna softlens, apakah sudah melakukan perawatan dengan baik dan benar? Berikut ada beberapa tips merawat softlens wajib Anda lakukan dan ikuti.

Tips Merawat Softlens
pixabay.com

Tips Merawat Softlens Agar Lebih Steril

Softlens yang kotor akan menyebabkan kerusakan pada mata. Membersihkan dengan tetes mata bukan salah satu cara efektif dan benar. Karena cara ini akan merusak cairan pada softlens.

Itu sebabnya, sebelum memutuskan menggunakan softlens pahami terlebih dahulu atau cara perawatannya. Lakukan berbagai cara  merawat softlens di bawah ini agar mata tetap terjaga dan tidak mengalami kerusakan.

Lepas Softlens Sebelum Mandi dan Tidur

Langkah pertama yaitu lepas softlens sebelum mandi dan tidur. Hal ini bertujuan agar kuman atas senyawa kimia dalam air tidak menempel pada softlens. Jika softlens lupa dilepas ketika mandi atau bahkan tidur maka akan mengakibatkan infeksi bakteri.

Cucilah Tangan Sebelum Memegang Softlens

Paling penting dan tidak boleh Anda lewatkan ketika memakai softlens yakni cuci tangan sebelum memegang lensa kontak. Usahakan mencuci tangan menggunakan sabun dan bisakah bersih.

Pasalnya, jika memegang dan memakai lensa kontak tanpa mencuci tangan maka berisiko memindahkan patogen penyebab infeksi dari jari tangan ke dalam softlens.

Perhatikan Tanggal Kadaluarsa Softlens

Cara lain yang tidak kalah penting dalam tips merawat softlens yakni perhatikan tanggal kadaluarsa tertera pada kemasan softlens. Jika softlens sudah lewat kadaluarsa, buanglah saja jangan dipakai lagi. Lensa kontak sudah kadaluarsa akan mengakibatkan kontaminasi bakteri dan virus dalam larutan garam steril.

Unduh Aplikasi D’paragon di Playstore dan APPStore agar tidak ketinggalan informasi penting lainnya. Anda juga bisa melakukan reservasi penginapan dengan fasilitas mumpuni di sana.