7 Tips Food Preparation Saat Ramadhan
Diambil Dari Ellas Olsson Via Pexels

7 Tips Food Preparation Saat Ramadhan Ala Anak Kost – Hello, Anak Kost! Jadi anak perantauan jauh dari dari orang tua emang agak ribet yah. apalagi kalo urusan makanan, rasanya bingung stok bahan apa aja yang cocok untuk anak kost dan gimana cara nyiapin makanan untuk sahur dan buka.

Eit, jangan khawatir. D’paragon mau kasih tau tips cara mengatur persiapan makanan untuk sahur dan buka puasa. Ini bisa bantu kamu gimaana caranya menyiapkan makanan untuk bulan puasa biar gak ribet.

Dengan mengikuti tips ini, dijamin deh, kamu bakal jadi lebih mudah mempersiapkan segala macem kebutuhan makanan yang mau di konsumsi sat bulan puasa. Urusan buka ataupun sahur udah pasti beres.

Bagaimana 7 Tips Food Preparation Saat Ramadhan?

Siapin pulpen dan notes untuk siap-siap 7 Tips Food Preparation Saat Ramadhan ya! Dengan hidup kesendirian ini, kamu gak mau kan Ramadhan ini gak asik karena repot.

Membuat Jadwal Menu Makanan

Ini nih perlu banget. Kamu harus membuat daftar menu makanan mulai dari puasa pertama. Cara ini biar kami gak bingung pilih menu setiap harunya. Kalau dengan membuat  jadwal, dikamin deh kami gak bapak pusing mau masak apa setiap hari.

Kamu bisa membuat daftar menu makanan berbuka dan sahur untuk satu minggu kedepan. Pilih menu makanan yang mudah dimasak, bahan murah dan enak.

Belanja Bahan Makanan Sesuai Menu

Karena menu udah dibuat, kamu jadi lebih tahu makanan apa yang mau dibeli. Ingat ya belinya yang sesuai dengan kebutuhan aja. Ada baiknya sebelum berangkat memebeli, kamu membuat catatan kebutuhan apa aja yang dibutuhkan untuk satu minggu ke depan.

Dengan punya catatan, kamu jadi tahu apa yang mau dibeli dan gak asal ambil barang deh. Membeli bahan makanan berlebihan, kadang hanya sering jadi busuk dan uang terbuang sia-sia.

Oh ya, sebelum belanja pastikan juga berapa budget yang mau kamu keluarkan untuk belanja mingguan. Tujuannya biar hemat dan pengeluaran bisa teratur.

Simpan Bahan Makanan Dalam Keadaan Kering

Untuk menhindari busuknya bahan makanan, hal pertama yang kamu perlu tahu ada sayuran dalam keadaan kering. Kalau salam keadaan basah, sayuran bisa jadi lebih kudah busuk.

Tetapi, kamu boleh kok mencuci sebelum menyimpannya di kulkas. Asalkan, pastikan kamu bisa menunggu sayiran sampai benar-benar kering. Lalu, baru deh kamu tinggal masukin ke wadah-wadah sayuran.

Kumpas dan Bersihkan Bumbu Dapur

Mengupas dan membersihka bumbu dapur adalah akan memakan waktu yang cukup lama untuk masak. Eits D’parapon punya cara untuk mesiasatinya yaitu mengupas dan membersihkan sebagain bumbu dapur.

Ada beberapa bumbu dapur yang bisa kamu kupas dan bersihkan dahulu sebelum disimpan. Diantaranya adalah bawang merah, bawang putih dan cabai, daun jeruk, daun salam dan sereh. Setelah bersih dan kering, masukkan ke dalam wadah atau toples yang sudah didasari kertas atau tissue.

Rebus Daging Sebentar

Buat kamu yang mau menyimpang daging ayam atau sapi, disarankan untuk merebusnya dahulu sebentar. Daging sudah direbus sebentar dan bisa memperlambat pembusukan loh. Kemudian simpan di bagian frizer agar daging bisa semakin awet. Sayang bukan kalau kita sudah menyisihkan uang untuk membeli daging, eh malah busuk.

Letakkan Bahan Makanan yang Akan Dimasak Berdeatan

Pasti kamu akan bete kalau mau masak tapi bahan yang ada di dalam kulkas berantakan? Akhirnya kamu akan membuang waktu mencarinya. Biar gak makan waktu, lebih banik meletakkan bahannya saling berdekatan dengan bahan yang akan dimasak bersamaan.

Kamu bisa mengumpulkan bahan makanan sesuai dengan menu yang akan dimasak. Misalnya seperti bahan masak sayur sop, sayur asam dan aneka sayur lainnya. Jadi kamu gak perlu bingung atau susah payah membolak-balikan bahan makanan yang ada di dalam kulkas karena sudah tersusun rapih.

Siapkan Bumbu Instan

Menyiapkan bumbu instant bisa bermanfaat saat kamu sedang dalam waktu terburu-buru. Bumbu Instant bisa jadi alternatif untuk kamu yang sedang sibuk dan belom membereskan bumbu masak alami saat keadaan darurat.

Baca Juga: 8 Tempat Berburu Takjil di Jogja, Dijamin Murah dan Enak

Penutup

7 Tips Food Preparation Saat Ramadhan udah  kamu ketahui. Sekarang saat nya bebenah agar ibadahmu, salah satunya di rumah. Tujuannya biar nyaman menjalani hidup.

Nah, kalo tempat nginep atau ngekost yang aman ya  D”paragon Kost Aja. Ada Hunian untuk pemesanan tahunan, bulanan dan haria. Dijamin bikin nyaman.

Kamu tinggal kunjungi website D’paragon aja, untuk lihat aneka ragam hunian. Cek juga instagramnya karena ada info menarik lainnya.

Ssst, ada Potongan harga gede-gedean buat kamu yaang reservasi  via aplikasi D’paragon Kost yang bisa di unduh di Appstore atau Playstore. Makanya, Yuk nginep di D’paragon.

Leave a Reply