Apa Anda sedang berkunjung di Surabaya? Jika Anda berkunjung di Surabaya jangan lupa untuk menikmati kuliner sate klopo. Di rumah makan tersebut sangat istimewa karena racikannya tidak pernah berubah sejak 68 tahun.

Berburu Kuliner Sate Klopo yang Unik dan Memanjakan Lidah
pinterest.com

Wisata Kuliner Sate Klopo

Disebut dengan satu kelompok karena tidak bisa meninggalkan sate klopo ondomohen Bu Asih Soedarmi. Ibu mertua Bu Asih telah menggeluti usaha jualan sate klopo di Jalan On the Woman He sejak tahun 1945 yang saat ini sudah berganti nama menjadi Walikota Mustajab.

Jika dibandingkan dengan sate yang lain, sate klopo cukup unik sebab menggunakan kelapa dalam pembuatannya. Tusukan daging ayam atau sapi yang dibeli dengan bumbu kelapa parutan gurih lalu dibakar. Perlengkapan yang dibutuhkan berupa serundeng yang juga terbuat dari bahan kelapa.

Sate ini diberi harga sekitar Rp 25.000 yang berisi 10 tusuk. Terlihat potongan daging sapi yang tebal dan melebar dan dibaluti dengan serpihan parutan kelapa. Pada beberapa bagian daging terlihat sedikit gosong karena proses pembakaran.

Proses Sajian Sate

Sate ini disajikan dengan bumbu kacang dan kecap seperti sate pada umumnya. Bedanya sate ini dilengkapi dengan irisan bawang merah serundeng dan potongan cabe rawit. Sementara itu jika Anda ingin menambah lontong sekitar rp3.000 disajikan dalam mangkuk yang terpisah.

Hal yang membuatnya tidak kalah spesial dari yang lain adalah bumbu kacang yang rasanya berbeda. Sebab tumbuh kacang lebih halus dengan citarasa gurih dan semakin enak saat dipadukan dengan serundeng dan kecap manis.

Selain sate sapi terdapat sate ayam klopo dengan harga sekitar Rp.18.000. pada seluruh potongan sate terdiri dari daging ayam tanpa tambahan tetelan atau kulit. Sehingga rasa lebih empuk dan padat dengan paduan bumbu kacang yang sedap.

Untuk Anda yang sedang berlibur di Surabaya jangan lupa untuk menyempatkan diri merasakan kuliner sate klopo. Karena sate tersebut sangat unik dan berbeda dari yang lainnya. Untuk Anda yang membutuhkan tempat penginapan atau kost eksklusif di wilayah Surabaya, Anda bisa mengunjungi laman dparagon.com. Reservasi lebih mudah bila Anda install aplikasinya melalui Playstore atau Appstore.