Siapa diantara kita yang tidak mau dapat beasiswa prestasi ke luar negeri? Mendapatkan beasiswa bagi seorang siswa merupakan sebuah pencapaian tertinggi yang dapat menempuh pendidikan. Itu sebabnya, memicu peningkatan jumlah peminat beasiswa karena ingin belajar dan merasakan pengalaman menjadi seorang siswa di luar negeri. Namun, semakin meningkatnya peserta beasiswa tentu akan semakin ketat proses seleksinya.

Dapat Beasiswa Prestasi Ke Luar Negeri, Begini Tips Mendapatkannya
pixabay.com

Bagaimana Caranya Dapat Beasiswa Prestasi dari Luar Negeri?

Bagi siswa yang ingin berkuliah atau melanjutkan studi dengan program beasiswa memang memiliki tantangan tersendiri untuk mewujudkannya. Mengapa demikian? Hal ini karena syarat utama yang mutlak dimiliki oleh siswa adalah prestasi. Berikut ini beberapa tips khusus untuk kamu yang berencana untuk melanjutkan studi dengan beasiswa ke luar negeri.

Jangan Malu untuk Bertanya dan Pastikan Selalu Mencari Informasi

Poin penting untuk mendapatkan beasiswa adalah carilah orang yang tepat dan lebih menguasai kegiatan ini. Kamu bisa menemui penasehat akademik, pihak kampus, atau sekolah serta beberapa tenaga pendidik lainnya seperti profesor, guru, dan dosen kamu.

Buat Daftar Beasiswa Sesuai Minat Kamu

Setelah mencari tahu, pastikan kamu juga mencari informasi mengenai kualifikasi, prodi, dan deadline bagi beasiswa tersebut. Pada poin kedua ini, sebaiknya kamu mulai membuat sebuah draft untuk memudahkan pencarian dengan klasifikasi beasiswa yang kamu inginkan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui nama universitas, negara, serta program studi dan lain sebagainya.

Pahami Visi dan Misi Organisasi

Sebelum memutuskan untuk mendaftar program beasiswa, maka terlebih dahulu yang wajib untuk kamu lakukan adalah pahami dengan detail dan terperinci mengenai organisasi penyedia beasiswa tersebut. Dengan memahami segalanya secara mendetail berikut visi dan misinya, tentu akan dengan mudah ditarik kesimpulan apakah universitas yang bersangkutan memang sesuai dengan kualifikasi yang kamu inginkan ataupun tidak.

Masukkan Lamaran Jauh Lebih Awal

Salah satu kebiasaan buruk yang masih sering kita lakukan adalah menunda-nunda suatu pekerjaan. Sama halnya saat kamu memutuskan untuk memberikan surat lamaran beasiswa ke negara tertentu, wajib hukumnya untuk tidak memasukkan lamaran pada waktu terakhir deadline penutupan.

Hal ini memang tidak menjadi satu-satunya alasan kamu dapat diterima dan dapat beasiswa prestasi ke luar negeri atau tidak. Namun, setidaknya tenggat waktu tersebut dapat digunakan oleh panitia untuk menyeleksi dan mempertimbangkan berkas lamaran kamu, dibandingkan di saat-saat terakhir waktu pendaftaran.

Sembari merencanakan beasiswa study, kamu bisa juga mendapatkan informasi terkait kost eksklusif di Indonesia. Kunjungi laman dparagon.com dan unduh aplikasinya di Playstore atau Appstore untuk reservasinya.

Leave a Reply