Memiliki rumah sendiri memanglah suatu impian bagi banyak orang. Namun sebaiknya sebelum membeli, Anda tahu tips membeli rumah bekas terlebih dahulu. Karena jika Anda tidak mengetahuinya, justru dapat membuat Anda rugi sendiri. Banyak orang yang lebih memilih membeli rumah bekas karena harganya yang tidak terlalu tinggi. Akan tetapi, terkadang membeli rumah bekas juga dapat timbul keraguan. Hal ini dikarenakan bangunan yang sudah lama dan untuk kondisi pastinya sudah terpakai. Namun memang itulah resiko ketika Anda membeli rumah bekas.

Sejatinya, ada beberapa cara agar Anda bisa membeli rumah yang masih bagus dan layak huni. Nah jika Anda ingin tau tipsnya, sangat disarankan untuk membaca artikel di bawah ini terlebih dahulu.

Tips Membeli Rumah Bekas yang Perlu Anda Perhatikan
forbes.com

Inilah Tips Membeli Rumah Bekas

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada saat membeli rumah. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan rumah dengan kondisi yang layak dan masih bagus serta sesuai dengan harga beli. Lalu bagaimana caranya?

Periksa Rumah dengan Teliti

Tips pertama yang harus Anda Lakukan adalah

  • Mengecek tingkat kelembaban dinding.
  • Melihat ketahanan bagian rumah yang terbuat dari kayu.
  • Lihat sistem dan suplai air.
  • Cek saluran pembuangan.
  • Cek bagian atap, pastikan tidak ada atau tidak banyak bagian yang retak.

Agar lebih efektif lagi sebaiknya Anda menyewa jasa ahli dalam bidang pengecekan. Jika ada bagian yang rusak, Anda bisa menego harga.

Cek Legalitas Rumah

Untuk memastikan agar rumah ini resmi legal untuk dijual, pastikan Anda mengeceknya pada penyedia jasa tenaga ahli hukum. Pastikan rumah yang akan Anda beli tidak memiliki masalah sama sekali.

Pastikan Surat-surat Lengkap

Berikutnya adalah pastikan Anda mengecek kelengkapan surat-surat rumah tersebut. Tips membeli rumah bekas ini perlu Anda perhatikan. Karena kelengkapan surat juga akan memberikan dampak positif untuk Anda.

Jika Anda ingin tahu informasi, tips, hingga kost eksklusif terbaik, Anda bisa mengunjungi website dparagon.com atau lebih simpelnya lagi Anda bisa mendownload aplikasi d’paragon melalui Playstore maupun Appstore.